BBPOM Medan Temukan Bakso Mengandung Boraks di Ramadhan Fair

thumb_360098_07402113062016_bor-1 Medan, (Sentralberita)- Dari sekitar 27 sampel makanan yang  ambil

 Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan

,ditemukan adanya bakso yang mengandung boraks. Bakso ini diambil dari dua orang pedagang yang berjualan di Ramadhan Fair ini,” jelas Kepala BBPOM Medan Ali Bata Harahap, seperti dikutip Medanbagus.com, Senin (13/6).

 Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menemukan makanan bakso mengandung boraks yang dijual di pusat jajanan musiman Ramadhan Fair. Bahan pengawet berbahaya tersebut ditemukan saat inspeksi mendadak dilakukan dengan mengambil sampel dan pengujian di Laboratorium Mobil Keliling.

Ali mengatakan, pihaknya akan langsung menindaklanjuti temuan tersebut dengan menyita bakso mengandung boraks tersebut agar tidak dijual kepada masyarakat. Selain itu, BBPOM juga akan memberikan peringatan kepada pedagang serta menyurati pengelola Ramadhan Fair agar memberikan sanksi tegas jika pedagang tersebut tetap menjual bakso yang sama ke depannya.

“Tindakan kita yakni peringatan pertama, kedua dan selanjutnya menempuh jalur hukum. Tapi untuk saat ini petugas sudah menyita bakso tersebut agar tidak dikonsumsi masyarakat yang datang ke Ramadhan Fair,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, BBPOM Medan menggelar razia makanan dan minuman yang dijual di Ramadhan Fair di Jalan Masjid Raya Medan. Petugas membeli sejumlah makanan dari stand pedagang untuk diuji langsung di lokasi. (SB/01)

Comments