Kinierja Bank Sumut Dinilai Belum Maksimal

RUPS Bank Sumut_2-1Medan, (Sentralberita)- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP), Ir H Tengku Erry Nuradi MS mengungkapkan, kinerja Bank Sumut belum maksimal berdasarkan hasil RUPS Tahun Buku 2015.

Peningkatan asset Bank Sumut hanya 3,15 persen dengan dana yang berhasil dihimpun hanya 2,71 persen. Angka tersebut, sebut Erry, jauh di bawah kinerja tahun 2013 lalu yang sukses menghimpun laba mencapai Rp 531 miliar.

 “Tahun 2013 itu, bahkan Bank Sumut tidak memiliki Direktur Utama. Tetapi saat ini, saat Bank Sumut telah memiliki Direktur Utara, kinerja Bank Sumut tidak maksimal,” sebut Erry

.Harapan tersebut dikemukakan Tengku Erry Nuradi dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2015 sekaligus RUPS Luar Biasa Bank Sumut di Ballroom Bank Sumut, lantai 10, Jl Imam Bonjol Medan, Sabtu (4/6/2016).

 Kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) Bank Sumut tahun 2015 juga masih diatas 5 persen.

 “Ini NPL yang tidak diperbolehkan. Saya berharap NPL Bank Sumut di bawah 5 persen. Untuk itu, Bank Sumut harus memaksimalkan strategi penagihan. Jangan payout karena payout akan mengurangi laba,” harap Erry.

 Erry berharap, Bank Sumut meningkatkan kinerjanya dengan menelurkan berbagai program strategis, salah satunya melakukan ekspansi membangun kantor cabang di sejumlah provinsi.

 “Tidak ada salahnya kita berkaca dari Bank Jabar yang kini telah memiliki kantor cabang di banyak provinsi. Bahkan telah membangun sistem program untuk melayani pembayaran STNK kendaraan. Sementara Bank Sumut masih memiliki kantor perwakilan di Jakarta. Itu satu-satunya saat ini,” ujar Erry.

 “Saya juga mengimbau Bank Sumut merangkul Kepala Daerah, bupati dan walikota untuk meningkatkan besaran sahamnya di Bank Sumut. Bisa juga dengan menempatkan dana belum terpakai milik Pemkab dan Pemko. Saya yakin, investasi modal akan memberikan keuntungan,” sebut Erry. (SB/01)

 

 

Comments