Erry dan Risma MoU Pemanpaatan IT

Mou Surabaya01Suarabaya, (Sentralberita) -Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menjalin kesepakatan dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Penandatanganan Kesepakatan Bersama dilakukan oleh Plt Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi dan Walikota Surabaya Tri Risma Harini di Balaikota, Selasa (24/5) disaksikan oleh Pimpinan KPK Laode Muhammad Syarif.

Kerjasama dalam rangka pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang diterapkan di  Surabaya untuk dapat diaplikasikan di Sumatera Utara. “Ini dalam upaya mewujudkan efisiensi, efektifitas dan sinergitas dalam penyediaan pelayanan umum kepada masyarakat di Sumatera Utara,” kata Erry Nuradi. Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Medan HT Dzulmi Eldin, Bupati, Walikota Binjai dan Bupati Deliserdang.

Tujuan kesepakatan bersama ini adalah mewujudkan reformasi birokrasi melalui e-government di Sumatera Utara. “Kesepakatan bersama tentang pemanfaatan tekologi informasi, sangat strategis bukti nyata hadirnya pemerintah komitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Plt Gubsu.

Dia mengatakan, melihat dan mempelajarai berbagai keberhasilan yang sudah dilakukan Risma, ada tiga hal yang bisa dipelajari. Pertama adalah sistem yang kita pelajari dan akan adopsi hari ini. Kedua, komitmen dan keberanian. “Yang paling penting adalah komitmen kepala daerah. Kalau komitmen, setengah dari pekerjaan berhasil,” kata Erry.

Risma mengatakan pihaknya akan memberikan aplikasi maupun pelatihan menjelaskan E-Government terintergasi kepada Pemprovsu. “Kita senang kalau daerah lain ikut menerapkan e-government terintegrasi,” katanya.

E –government yang diterapkan pihaknya terdiri atas tiga bagian besar yaitu sistem pengelolaan keuangan daerah , e-SDM, E-Permit, e-health, e Dishub, e office, media center dan sistem siaga bencana.  Untuk sistem pengelolaan keuangan daerah ada 12 aplikasi yang terintegrasi diantaranya e-musrenbang, e-budgeting, e-project, e-procurement, e-delivery, e-controlimh, e-performance, e-Simbdada, e-payment, e-tax, e-audit dan Fasum-fasos.

Sedangkan e-SDM terdiri atas aplikasi tes CPNS, gaji berkala, kenaikan pangkat, mutasi dan pensiun. Untuk e-education, aplikai diterapkan pada penerimaan murid baru, try out online, rapor online, penerimaan kepala sekolah online dan radio visual. E-permit adanya ssw online dan e-lampid. “Surabaya SIngle Window (SSW) online pengurusan izin yang bisa diakses masyarakat melalui handphone,” kata Risma. (SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.