Seleksi Paskibraka Sumut Mei

Kadiospora Sumut, Baharuddin Siagiaan (foto-dok)
Kadiospora Sumut, Baharuddin Siagiaan (foto-dok)

Medan, (Sentralberita)- Seleksi calon Paskibaraka tingkat Provinsi Sumatera Utara dimulai 10-12 Mei 2016  bertempat di Asrama Haji Medan, demikian disampaikan Kadispora Sumut Baharuddin Siagian melalui Kabid Bina Kepemudaan Dispora Sumut M. Tohir, S.Pd, Rabu (2/2/2016).

Dijelaskan, sebelum seleksi ditingkat provinsi, calon paskibaraka Sumut terlebih dahulu seleksi di tingkat Kabuapaten/Kota se-Sumatera Utara yang dilakukan SKPD Kabupaten/Kota yang membidangi ke pemudaan.

“Dari hasil seleksi tersebut dikirim empat nama/ peserta (2Pa+2Pi untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi Sumatera Utara, diperkirakan jumlahnya mencapai 132 peserta ”ujar Tohir.

Adapun ketentuan dan persyaratan sebagai berikut:

Kententuan, Siswa/i SLTA  (SMA/Sederajat)  yang pada waktu seleksi tingkat provinsi duduk di kelas satu, pada tanggal 17 Agustus duduk di kelas dua, tinggi badan untuk putra minimal 170 cm maksimal 180 cm, putri 165-175cm, belum pernah menjadi paskibraka  dengan surat pernyataan yang ditandatangani SKPD dan peserta, surat izin tertulis dari orangtua dan sekolah untuk mengikuti seleksi, memiliki pemahaman dan penguasaan seni budaya daerah masing-masing, aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan kemasyarakatan, nilai bukut rapot di atas rata-rata, diutamakan berkemampuan berbahasa Inggris, calon yang terpilih untuk paskibaraka nasional diwajibakan memiliki paspor, untuk putri atas keyakinannya diperbolehkan mekai jilbab.

Persyaratan, membawa surat tugas dari SKPD, pas foto 4/3cm dan 4×6 berwarna masing-masing 4 lembar, foto copy rapot kelas VII SMP/Stanawiyah sederajat sebanyak 2 lembar, foto copy kartu pelajar SMA/Aliyah sederajat, membawa pakaian olahraga (sepatu karet warna hitam, training dan kaos selama seleksi, obat-obatan pribadi dan perlengkapan sholat bagi peserta Muslim, membawa pakian sekolah, berkas dimasukkan dalam map biri bagi peserta putra warna merah untuk putri.

Selanjutnya Tohir menyampaikan, selama seleksi seluruh akomodasi dan konsumsi tanggung jawab panitia di provinsi sedangkan pendam[ing tanggung jawan SKPD masing-masing.

Pengiriman jadwal seleksi di daerah dimulai bulan Maret sampai engan pertengahan April 2016 ke alamat email: dhek.disporasu@gmail.com untuk dilaksanakan fact finding provinsi. (SB/01)

 

Comments