Indonesia dan India Dua Negara Demokrasi Terbesar di Dunia

Medan, (Sentralberita)- Indonesia dan India adalah dua negara demokrasi terbesar di dunia,” ujar Erry.  Secara geografis, Indonesia dan India juga sangat dekat. Dari Pulau Weh di Sabang ke Pulau Andaman India, hanya berkisar 40 mil laut atau 60 km. “Jaraknya lebih kurang dari Medan ke Tebing Tinggi saja,” tambah Erry.

Hubungan diplomatik Indonesia dengan India juga sangat baik. TNI AL Indonesia melakukan kerjasama latihan pengawasan laut dengan tentara laut India 2 kali dalam setahun.

“Kerjasama latihan pengawasan laut ini juga mengeratkan antara kedua negara yang saling berdekatan,” jelas Erry. Populasi masyarakat dan etnis India relatif banyak di Sumut, khususnya di Kota Medan dan berbaur harmonis dengan masyarakat pribumi.

. “Kami juga berharap, Dubes India berkenan mengundang pengusaha Sumut untuk berkunjung ke India dan mengembangakn bisnis disana. Dalam acara ini, banyak pengusaha wanita asal Sumut yang hadir. Mereka sangat senang diundang berkunjung ke India,” sebut Erry.

Sementara Dubes India untuk Indonesia, Mrs Nengcha Lhouvun Mukhophadhaya juga mengatakan hal senada. Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan, baik bidang budaya (kultur), makanan dan pemikiran.

Dalam sambutan singkatnya, Mrs Nengcha berharap, Indonesia dan India dapat meningkatkan hubungan kerjasama diplomatik yang terjalin baik selama ini.

Usai membuka Bazar India ditandai dengan pemotongan pita, Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Dubes India untuk Indonesia Mrs Nengcha Lhouvun Mukhophadhaya dan rombongan meninjau puluhan stand dan gerai makanan. Rombongan juga menyempatkan diri meninjau stand layanan pemeriksaan kesehatan gratis yang tersedia, kemudia makan siang bersama.

Sebelumnya, Sabtu (20/2/2016) malam, Plt Gubernur Sumur Tengku Erry Nuradi dan Dubes India untuk Indonesia Mrs Nengcha Lhouvun Mukhophadhaya berserta Walikota Medan Djulmi Eldin, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Rahmat Shah, pimpinan media massa di Medan dan sejumlah pejabat lainnya menghadiri acara jamuan makan malam. Acara tersebut dalam rangka penyambutan Dubes India yang baru untuk Indonesia dan Timor Leste Mrs Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya di Hotel Arya Duta, Jl Kapt Maulana Lubis Medan. (SB/01)candi-borobudur-2 ulos india

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.