Pimpinan DPRD Desak Segera Salurkan Raskin

Medan, (Sentralberita)-Kondisi harga pangan khususnya beras yang terus mengalami kenaikan harus disikapi serius oleh Pemerintah daerah (Pemda). Wakil Ketua DPRD Medan Burhanuddin Sitepu mendesak agar penyaluran beras untuk warga miskin di Kota Medan disegerakan.

“Apalagi sekarang kondisi perekonomian kita sedang lesu. Harga pangan termasuk beras terus naik. Dan yang paling merasakannya adalah warga miskin. Makanya kita minta agar penyaluran raskin ini dipercepat,”ujar Burhanuddin kepada wartawan yang ditemui usai Sholat Jumat di Masjid Al Musabiqin komplek kantor walikota Medan, Jumat (29/1).

Politisi dari Partai Demokrat ini meminta Pemprovsu segera mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang distribusi dan jumlah rumah tangga sasaran (RTS) penerima manfaat Raskin yang menjadi alasan Pemko Medan belum menyalurkan raskin tersebut. Lebih lanjut dikatakan Burhanuddin, kepada Pemko Medan diharapkan tidak hanya bersifat pasif menunggu SK tersebut melainkan intens  berkoordinasi dengan Pemprovsu agar prosesnya bisa dipercepat.

“Harus jemput bola. Harus ada koordinasi,apa yang kurang harus segera dilengkapi. Jangan sampai saudara-saudara kita yang berhak mendapat raskin resah. Lebih lagi situasi perekonomian kita saat ini lagi sulit,”pungkasnya.

Lebih lanjut dikatakan Burhanuddin, selama ini dirinya sering menerima keluhan dari masyarakat seperti halnya saat reses karena tidak mendapat bantuan program pemerintah termasuk BPJS dan raskin. Untuk itu politisi yang juga digadang-gadangkan salah satu calon Ketua Demokrat Kota Medan ini meminta adanya pendataan ulang soal warga miskin di Kota Medan.

“Soal data warga miskin ini juga kita berharap ada verifikasi ulang. Karena masih banyak kita mendengar warga yang seharusnya berhak mendapat bantuan pemerintah tapi tidak dapat,”pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Pemko Medan belum dapat menyalurkan beras untuk masyarakat miskin (Raskin) tahun 2016 kepada warga Medan, meski saat ini harga beras di pasaran semakin mahal. Kabag Perekonomian Pemko Medan Dahnar Siregar mengatakan distribusi Raskin 2016 masih dalam persiapan. Biasanya awal Februari sudah mulai berjalan lagi.

“Penyaluran raskin harus sesuai SK Gubsu. Jadi kita tunggu saja petunjuk teknisnya,” kata Dahnar.(SB/01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.