Plt Gubsu: Generasi Muda Sumut Jangan Jadi Penonton

Medan,( Sentralberita)- Plt Gubsu H T Erry Nuradi mengajak institusi dan pemangku kebijakan pendidikan  memacu kualitas pendidikan untuk menghasilkan SDM yang mampu bersaing di era MEA.

PltGubsu bersama akademika Trikom (foto-Ist)
PltGubsu bersama akademika Trikom (foto-Ist)

“Anak-anak kita harus mampu bersaing di era globalisasi. Jangan sampai generasi muda kita cuma jadi penonton. Kuncinya ada pendidikan yang berkualitas untuk SDM yang berkualitas,” ujar Plt Gubsu saat menghadiri acara Gebyar STIE Tricom di Jalan  Marelan Raya, kemarin.

“Saya berharap seluruh pihak, stakeholder dunia pendidikan bisa bersama membangun dunia pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang baik,” katanya.

Menurut Plt Gubsu, SUmatera Utara memeliki potensi sumberdaya alam yang luar biasa yang membutuhkan SDM terampil dan berkualitas untuk potensi yang ada.

Saat ini, jelasnya, Sumatera Utara diproyeksikan menjadi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Barat Indonesia dimana berbagai program pengembangan wilayah diarahkan di Sumut.

Diantaranya pengembangan Kawasan Strategis Nasional Mebidangro (Medan,Binjai, Deliserdang dan Karo), Kawasan Strategis Nasional Danau Toba yang merupakan bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Ada pula Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei yang didukung dengan pengembangan Kawasan Industri Kuala Tanjung berbasis alumunium di Kabupaten Batubara. Kawasan ini terintegrasi dengan pengembangan petikemas multi purpose kaula tanjung di Hub Internasional Kuala Tanjung.

Melihat tantangan dan peluang tersebut, Sumut tentu harus bersiap dengan memiliki SDM yang mampu bersaing sehingga dapat menjadi tuan rumah . “Alangkah disayangkan apabila generasi muda kita kelak hanya menjadi penonton di daerahnya sendiri. Karena itu, pendidikan berkualitas demi menghasilkan  SDM yang mampu bersaing adalah tanggungjawab kita bersama,” tegas Erry. (SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.