Kiat Pengusaha Muda Sukses Berbisnis

bisnis muda3Sentralberita– Usia yang tergolong muda bukan menjadi halangan untuk mulai bekerja dan membuka usaha. Hal itu dibuktikan oleh Intan Kusuma Fauzia, Keshia Deisra, dan Putri Tanjung, ketiga wanita muda ini tak ragu mencoba peruntungannya dalam dunia bisnis.

Intan bersama sang adik, Atina mengelola bisnis hijab yang diproduksinya sendiri dan dipasarkan melalui online shop di Instagram. Bisnis yang dimulai sejak 2012 ini semakin sukses dan berkembang, terbukti kini usaha yang diberi nama Vanilla Hijab itu sudah memiliki konveksi dan pegawai yang berjumlah sekitar 45 orang.

Adapun Keshia mencoba peruntungannya melalui bidang yang digemarinya, yakni membuat kue. Dengan mengusung nama Dulcet Patisserie, wanita 21 tahun ini bekreasi membuat aneka ragam cupcakes dan kue tart kemudian memasarkannya melalui media sosial dan banyak dibicarakan oleh para pecinta kuliner.

Sedangkan Putri Tanjung berkecimpung di dunia jasa event organizer ketika usianya masih 15 tahun dan banyak menangani berbagai acara seperti seminar serta festival musik. Jika Anda tergiur untuk membuka usaha dan menjalankan bisnis seperti Intan, Putri, dan Keshia, ketiga wanita turut berbagi tipsnya. Seperti apa?

1. Tahu Tujuan Awal
Putri mengatakan, tahu tujuan awal dari bisnis yang akan dibuat adalah syarat penting dalam memulai usaha. Tahu pasar yang akan dituju juga menjadi salah satu hal penting, karena dari sanalah akan terlihat ‘celah kosong’ yang bisa menjadi peluang bisnis.

2. Perluas Networking
Memperbanyak kenalan dengan orang-orang yang sudah lebih dulu sukses menjadi tips lain yang bisa ditiru. “Kita juga harus punya network, perbanyak kenal sama orang dan mau belajar sama orang. Jadikan mereka mentor, contohnya aku punya mentor Om Ishadi SK dan Om Peter Gontha. Aku belajar banyak dari mereka,” tutur wanita kelahiran 1996 itu saat diwawancara Wolipop beberapa waktu lalu.

3. Gerak Cepat
Intan mengatakan, apabila ingin membuat suatu usaha sebaiknya segera dilakukan tanpa terlalu banyak memikir. “Kalau mau buka bisnis dan buat sesuatu, jangan terlalu banyak mikir model seperti apa, warna seperti apa, kalau terlalu lama mikir nanti idenya keburu ‘diambil’ orang,” saran wanita 23 tahun ini ketika dihubungi Wolipop, Rabu (20/1/2016).

4. Jangan Takut Mencoba
Dalam menjalankan bisnis, sekalipun bernilai kecil, jangan pernah takut untuk mencoba menjalankannya. Lulusan PPM Manajemen jurusan finance business ini menjelaskan dalam berbisnis untung dan rugi yang dialami adalah hal yang wajar. Meski dihadapkan dengan kerugian yang belum diketahui nilainya, tak ada salahnya untuk tetap mencoba berbisnis dan hadirkan inovasi baru.

5. Miliki Keyakinan
Dipaparkan Keshia, hal yang terpenting dari membuka usaha adalah memiliki keyakinan yang kuat. Percayalah bahwa produk yang dijual bisa mendapatkan tempat di hati para calon pembeli. Selain itu, bangun hubungan baik dengan pembeli, dengan demikian bisnis yang sudah dijalankan akan berkembang melalui cara mulut ke mulut.

6. Jangan Lupakan Kualitas
Tujuan berbisnis selain ingin mengasah kemampuan adalah mendapatkan keuntungan dari produk yang dijual. Tetapi hal itu bukan berarti Anda melupakan kualitas produk hanya karena ingin mendapatkan keuntungan. Ada baiknya tetap perhatikan sejauh mana produk yang ditawarkan bisa menarik pelanggan dan bersaing di antara sekian banyak kompetitor lainnya.

7. Produk Menarik
Jika ingin produk yang dijual dikenal luas di masyarakat, di sinilah saat yang tepat untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi produk yang dijual. Produk yang bisa memikat para pelanggan sangat penting ditunjukkan dalam memasarkan barang.

“Produk khusus yang menarik akan dengan mudah mendapat perhatian pasar,” ringkasnya (SB/DTC/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.