Dua Prodi FIS UIN-SU Jadi Favorit

Dekan FIS UIN-SU Dr Zainul Fuad MA (ist)
Dekan FIS UIN-SU Dr Zainul Fuad MA (ist)

Medan, (Sentralberita)- Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU), Dr H Zainul Fuad MA, mengaku optimis atas pembukaan dua Program Studi (Prodi) di fakultasnya, masing-masing Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pustaka bakal menjadi prodi favorit di lingkungan UIN-SU.

“Kami yakin, dua prodi ini bakal menjadi prodi paling favorit. Karena dua prodi ini menyangkut ilmu-ilmu sosial yang sering diperbincangkan masyarakat,” kata Zainul Fuad, saat menyampaikan arahannya pada sivitas akademika FIS UIN-SU, di kampus UIN-SU Jalan Willem Iskandar Medan, Kamis (21/1).

Saat menyampaikan arahan tentang visi dan misi FIS UIN-SU, Zainul Fuad didampingi Wakil Dekan I Dr H Zuhri MA, Wakil Dekan II Dr Muhammad Dalimunte M.Hum dan puluhan dosen yang bertugas di FIS UIN-SU.

Diakuinya, FIS merupakan fakultas termuda di lingkungan UIN-SU pasca perubahan status IAIN Sumut menjadi UIN. Tapi, kata dia, meski masuk dalam fakultas baru, jumlah mahasiswa yang meminati fakultas tersebut sudah banyak.

“Penerimaan Tahun Akademik 2015 lalu, jumlah yang mendaftar di Prodi Ilmu Komunikasi mencapai 600-an calon mahasiswa, tapi karena keterbatasa lokal, akhirnya hanya diterima dua lokal saja. Begitu juga dengan Prodi Ilmu Pustaka, kita hanya menerima satu lokal saja, meski peminatnya mencapai 500-an calon mahasiswa,” kata Zainul Fuad.

Saat ini, kata Zainul Fuad, pihaknya fokus pembenahan fakultas menuju akreditasi tahun 2017 mendatang. Sejauh ini, persiapan ke arah akreditasi harus dilakukan.

“Karena, mau tidak mau meski fakultas baru di lingkungan UIN-SU, pembenahan struktur dan administrasi, khususnya data base fakultas wajib dilakukan,” kata Zainul Fuad yang juga alumni S3 dari Hamburg University, Jerman ini.

Zainul Fuad menegaskan, pihaknya tidak mau berbeda pendapat soal penempatan Prodi Ilmu Komunikasi ini, apakah di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Tapi, yang jelas kata dia, penempatan Prodi Ilmu Komunikasi sesuai SK Rektor berada di FIS UIN-SU.

“Kita berpikir hanya mengembangkan fakultas baru ini menjadi fakultas favorit. Dan Kita yakin, fakultas ini menjadi fakultas yang dicari calon mahasiswa,” kata Zainul Fuad.

Dia akhir arahannya, Dekam FIS UIN-SU meminta para dosen dan staf agar bekerja maksimal untuk mengejar target akreditasi tahun 2017 mendatang.

Pihaknya kata Fuad, sangat berkeinginan agar FIS menjadi fakultas yang disegani dan berkembang menjadi rujukan ilmu-ilmu soial, karena diasuh oleh dosen-dosen yang berkualifikasi tinggi dan memiliki keahlian di bidangnya masing-masing.(SB/A/01)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.