Amien Rais: Reshuffle Kabinet tak Berarti Bila Presiden Lemah

Mantan Ketua MPR RI Amien Rais
Mantan Ketua MPR RI Amien Rais

Jakarta, Sentralberita)- Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais mengatakan, reshuffle kabinet tidak akan memberikan perubahan berarti bila Presiden Joko Widodo tidak memiliki kepemimpinan nasional yang kuat.

Lemahnya leadership atau kepemimpinan Jokowi itu terbukti oleh salah satu menteri yang kerap melampaui tugas pokoknya mengurusi pertahanan, keamanan, dan politik. Sang menteri itu malah ikut-ikutan mengurus ekonomi.
“Sang menteri itu saya lupa namanya. Ya, pertahanan, keamanan, ekonomi, politik, apa-apaan ini? Ya seperti ini tanda bahwa Pak Jokowi tidak strong leadership,” tegas Amien di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (5/1).

Untuk mengatasi itu, Amien Rais mengusulkan Presiden Jokowi agar mengundang para tokoh dan para pemimpin lembaga negara untuk memberi masukan kepada presiden soal apa yang harus dibenahi untuk kebaikan bangsa.

“Tidak ada salahnya mengundang elemen nasional yang gede-gede itu, lantas dari hati ke hati melihat apa yang perlu diperbaiki mendesak. Bagaimana mengatasinya? Lantas kalau bangsa ini memikul betul-betul masalah bangsa yang berat ini, akan jadi ringan,” ucap Amien.

Ia juga menyerukan kepada semua komponen bangsa untuk bersatu, tidak sibuk bertikai, dan selalu bekerja keras untuk Indonesia. Hal itu seperti yang dilakukan oleh bangsa Tiongkok sehingga negaranya mampu menyaingi kekuatan ekonomi Amerika Serikat.(SB/RMOL/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.