Malam Tahun Baru, Polisi Patroli Pakai Sepeda

Polisi pake speda-1Jakarta, (Sentralberita)– Polda Metro Jaya mengantisipasi aksi kejahatan yang akan terjadi pada malam pergantian tahun dengan patroli menggunakan sepeda di lokasi wisata dan sepanjang Car Free Day (CFD).

Direktur Sabhara Polda Metro Jaya Kombes Pol Ahmad Subarkah mengatakan, masyarakat bisa meminta pertolongan kepada anggota bersepeda, misalnya melaporkan terjadi pencopetan. Nanti anggota akan mengantar masyarakat melapor ke kantor kepolisian terdekat atau ke pos pengamanan.

Subarkah menegaskan, Polda Metro Jaya memiliki 120 unit sepeda yang sebagian sudah disebar ke semua polres untuk digunakan sebagai alat transportasi patroli. Dengan sepeda angin ini, akan lebih mudah menjangkau masyarakat dalam situasi yang macet.

“Kalau pakai motor kan terjebak macet. Kalau pakai sepeda bisa lebih menjangkau dan lebih humanis,” kata Subarkah di Jakarta, Minggu (27/12/2015).

Berbeda dengan polisi bersepeda dari Satuan Lalu Lintas, polisi berpatroli sepeda dari Sabhara ini mengenakan seragam polisi dan rompi. Petugas dilengkapi perlengkapan yang disimpan di kantong, yang berisi tongkat, kapur untuk mensketsa korban kecelakaan serta masker.

Patroli sepeda ini akan berkeliling memantau situasi kamtibmas di lokasi CFD, tempat wisata dan tempat-tempat keramaian. “Kita harapkan malam pergantian tahun nanti aman terkendali,” pungkasnya (SB/Sindonews/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.