Semrautnya Sampah di Karang Berombak, Abdul Rahman Nasution Sampaikan Perlunya Pelatihan Rutin Pengelolaan Sampah

Sosialisasi Perda Kota Medan Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan yang di hadiri lebih dari 200-an masyarakat.

sentralberita|Medan~Anggota DPRD Kota Medan Abdul Rahman Nasution Laksanakan Sosialisasi Perda Kota Medan Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan yang di hadiri lebih dari 200-an masyarakat, Minggu (19/2020).

Wakil Ketua Komisi III DPRD Medan itu menyampaikan, sebagai tindak lanjut dalam penertiban pengelolaan persampahan, Abdul Rahman Nasution juga menyampaikan, kedepan, perlu adanya pelatihan yang sifatnya rutin dalam hal pengelolaan persampahan, karena dari sampah ternyata bisa juga bermanfaat untuk menambah pendapatan masyarakat, yaitu dengan konsep bank sampah.

Realisasi bank sampah itu nantinya kita akan mengundang para narasumber yang berkompeten dan berpengalaman di bidang bank sampah ujar Rahman, salah satunya ialah DR. Indra Utama yg sudah sangat ahli urusan bank sampah.

Beliau berjanji siap mengadirkan DR. Indra Utama apabila masyarakat di Kelurahan Karang Berombak bersungguh sungguh untuk menata sampah dan menjadikan sampah sebagai sumber pendapatan tambahan warga, sekaligus bentuk dukungan kongkrit terhadap jargon Plt. Walikota Medan”ayo bikin Medan Cantik” tegas Rahman.

Isu utama dalam kegiatan itu adalah tentang semrawutnya pengelolaan Sampah di Kelurahan Karang Berombak. Sampah tidak terkelola secara baik, Tong Sampah dan Tempat Pembuangan Sampah Sementara yang ada sudah tidak layak, ujar salah satu warga bernama Dewi Maryam.

Rudi Purnomo yang juga Kepala Lingkungan XI mengeluhkan tentang pengelolaan sampah yang semrawut di lingkungannya.

Hal lain yang dituntut warga ialah persoalan penataan pohon dan lampu jalan banyak yang tidak berfungsi.

Rahman yg juga sekretaris fraksi PAN menekankan kepada Dinas Kebersihan Kota Medan untuk segera mewujudkan pengadaan kontainer sampah dgn kapasitas 10 kubik.

Hal tersebut sudah diaminkan Supriadi selaku mewakili Dinas Kebersihan Kota Medan, termasuk urusan penataan pohon dan lampu jalan.

Untuk pengangkutan sampah di rumah- rumah warga, perlu penambahan armada Becak Bestari, informasi dari Lurah Kelurahan Karang Berombak Suhardi, bahwa saat ini hanya ada 3 unit yang di fungsikan masyarakat untuk pengangkatan sampah di semua lingkungan.

Untuk itu Rahman Nasution menekankan untuk ditambah menjadi 7 unit supaya mencukupi mengatasi sampah di 19 Lingkungan Se Kelurahan Karang Berombak.(SB/01)

Comments