Puluhan Jurnalis Roadshow Mengelilingi Kota Medan dengan Bersepeda Santai

sentralberita|Medan~Puluhan jurnalis dari berbagai media, Minggu (5/1/2020) pagi roadshow bersepeda santai mengelilingi kota Medan.
selain untuk kebugaran jasmani dengan berolahraga, juga untuk bersilaturrahmi dengan bertegur sapa kepada masyarakat khususnya yang bersepada santai. Hal lain juga dimaksudkan untuk melihat suasana kota Medan di pagi hari Minggu.

Berkumpul Pos 3.0 Lantas Lapangan Merdeka Medan sekitar pukul 06.Wib, para jurnalis ini bergerak sekitar pukul 06.30 wib setelah keseluruhan berdatangan dan sepeda yang dinaiki pun dipastikan aman dari hal-hal yang tak diinginkan.

Dengan ragam penampilan dan ragam merek sepeda yang ditumpangi, para awak media ini melintasi Jalan Putri Hijau, Jalan Guru Patimpus, Jalan Gatot Subroto, Jalan Iskandar Muda, Jalan Patimura, Jalan Sudirman dan Jalan Pemuda dan kembali ke Lapangan Merdeka Medan.

Di setiap Jalan yang dilalui, tak sedikit terlihat warga masyarakat berolahraga dengan sepeda santai dan berjalan kaki. Tegur sapa sesama pengedera sepeda ini berlangsung setiap bertemu. Lebih-lebih ketika beristirahat untuk mengembalikan stamina yang sudah terkuras canda gurau begitu terasa.

Tak ada diantara para jurnalis itu yang tidak kecapekan, maklum setiap harinya bergelut dengan profesinya sebagai jurnalis. Lebih-lebih bersepeda santai yang dilakukan baru pertama kali dalam sebuah komunitas. Karenanya beberapa kali istirahat untuk meneguk minuman dilakukan sambil melihat kelancaran lalu lintas yang terjadi pagi hari di Kota Medan.

Sesampainya kembali di lapangan Merdeka sekitar pukul 9.30 wib, para jurnalis yang setiap harinya mangkal di Warung Jurnalis, terlihat rasa lega terpancar dari wajah mereka. Canda gurau pun kembali berlangsung sambil menguasap keringat yang mengucur, tak sedikit pula mengeluarkan rokok yang sudah menjadi kebiasan ketika menulis berita.

“Kau bukannya mencari minuman dan dan makanan, malah mengisap rokok yang menjadi kebiasan yang tak pernah bisa ditingglkan,”Ujar salah seorang teman dengan nada bercanda.

Cukup lama bubaran dari lokasi Lapangan Merdeka itu, apalagi seorang teman ban sepedanya bocor, sementara tak tahu kemana harus dibawa, karena suasana pagi hari dan hari Minggu lagi banyak bengkel yang tak buka.

Koordinator Komunitas Sepeda Jurnalis, Amrizal mengatakan, kegiatan bersepada jurnalis akan digalakkan, selain untuk kesehatan juga untuk membangun silaturrahmi dengan masyarakat di kota Medan dengan bersepeda. Demikian juga tidak menutup kemungkinan jika bertemu dengan sumber-sumber bisa dijadikan karya-karya jurnalis baik berbentuk tulisan maupun dokumentasi foto-foto.

Diakuinya, bersepeda dalam sebuah grouf/komunitas baru kali pertama dilakukan. Kesiapan falitas dan sarana pendukung lainnya masih beragam, terutama pakain yang digunakan. Namun menurutnya, semuanya akan berjalan dengan baik seiring berjalan waktu dan komunitas semakin bertambah.

“Saya harapkan kepada kawan-kawan yang belum terlibat dan melibatkan diri, supaya berikutnya bisa bergabung dan mendukung kegiatan bersepada santai jurnalis ini,”ujarnya.

Menurutnya, setiap harinya bergelut dengan olah pikir, langkah indah dan baiknya setiap minggu dengan bersepeda berolahraga untuk memadukan olah pikir dan olahraga.

“Terus terang, saya sering menyempatkan bersepada, memang terasa ada kebugaran dalam badan dan karena itu pula terlihat seperti tadi pagi warga masyarakat cukup rame bersepada santai,”ujar Amrizal.(SB/01)

Comments