Pondasi Utama & Strategis, K3 Tidak Bisa Ditawar dalam Operasi Pertamina

sentralberita|Medan~Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan nilai yang tidak bisa ditawar dalam operasi Pertamina. Budaya K3 sudah ditetapkan menjadi pondasi utama dalam prioritas strategis Pertamina dalam upaya menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia dan mewujudkan kemandirian energi nasional.

Agar seluruh pekerja senantiasa menerapkan K3 dalam bekerja, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mengadakan serangkaian kegiatan memperingati Bulan K3. Rangkaian aktivitas K3 akan berlangsung hingga Februari 2020 di seluruh wilayah operasi MOR I.

“Tahun ini, peringatan Bulan K3 di MOR I diisi dengan berbagai macam kegiatan, bahkan ada yang sebulan penuh diadakan semata-mata untuk meningkatkan kesadaran kerja di Pertamina,” tutur Agustinus Santanu Basuki, General Manager Pertamina MOR I pada acara pembukaan Bulan K3 di kantor MOR I, Medan (15/01).

Santanu menambahkan rangkaian kegiatan peringatan bulan K3 ini dibuka dengan Behaviour Based Safety dan HSSE Experience Zone pada 15 Januari 2020. Behaviour Based Safety merupakan kegiatan sharing session mengenai K3 yang diisi oleh spesialis K3 dari PT Badak LNG.

Selain itu, ada juga kegiatan Ucok Warrior. Kegiatan ini berbentuk permainan ataupun tantangan, dengan konsep masing-masing tantangan dilatarbelakangi dari beberapa kasus insiden yang mungkin terjadi di lingkungan kerja Pertamina seperti bekerja di ketinggian, berkendara yang baik, memadamkan kebakaran, dan lain-lain.

Dalam sambutannya, Santanu mengharapkan seluruh insan Pertamina di MOR I untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan K3 di MOR I. “Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang diterapkan dengan baik oleh pekerja akan meningkatkan kinerja sehingga masyarakat menikmati produk-produk Pertamina yang dihasilkan dengan maksimal,” tutur Santanu.

Selain kegiatan Behaviour Based Safety, HSSE Experience Zone, dan Ucok Warrior, rangkaian kegiatan lainnya adalah Campaign SPBU di Sumbar, Paramedic Upskilling, dan Workshop Upskilling HSSE. Pertamina MOR I juga akan mengadakan tes narkoba kepada para pekerja dan mitra kerjanya.

Kemudian ada juga kegiatan Military Contingency Plan, yang melatih para personel TNI dalam Mengemudikan Mobil Tangki secara aman. Tujuannya agar personel TNI dapat sewaktu-waktu menggantikan tugas awak mobil tangki pertamina apabila terjadi Gangguan operasional, bencana alam, dan lainnya . Seluruh kegiatan ini berlangsung dari 15 Januari 2020 hingga 15 Februari 2020 di lingkungan MOR I.

Secara umum, tema dari bulan K3 2020 di Pertamina adalah Tingkatkan kompetensi pengelolaan risiko HSSE untuk membangun budaya HSSE, meningkatkan daya saing perusahaan di era revolusi industri 4.0 dan mewujudkan business sustainability. (SB/01/diu)