Hubungan Harmonis Umara dan Ulama Harus Dirawat

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah beramah-tamah dengan ratusan ulama se-Kota Medan, Senin (13/1), di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan. Ramah-tamah digelar untuk menjaga jalinan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah.

sentralberita|Medan~Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah beramah-tamah dengan ratusan ulama se-Kota Medan, Senin (13/1), di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan. Ramah-tamah digelar untuk menjaga jalinan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah.

Diawali dengan mendengarkan tausiyah, Gubernur, Wagub, dan para ulama kemudian melanjutkan dengan berbuka puasa dan makan bersama, berzikir, serta salat berjemaah.

Gubernur dalam sambutannya mengaku bahagia bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan para ulama. Sebagai umara atau pemimpin pemerintahan, Edy mengatakan selalu berupaya merawat hubungan harmonis dengan ulama.

“Karena ulama merupakan sumber kebijaksanaan, tempat saya belajar. Sebagai umara, sudah sewajarnya saya meminta bimbingan dan diingatkan. Sehingga dalam menjalankan amanah ini, saya terhindar dari perbuatan-perbuatan yang merugikan rakyat,” tuturnya.

Edy Rahmayadi kemudian meminta agar dirinya dan Wagub senantiasa didoakan. Begitu pula dengan kemajuan dan kemakmuran Sumut. Selain itu, Edy meminta agar para ulama tidak segan untuk menegur dirinya. “Karena saya ini hanya manusia biasa, tak luput dari kesalahan. Untuk itu, doakan kami,” ucap Edy.

Wagub Musa Rajekshah juga menyampaikan harapan yang sama. Melalui doa para ulama, katanya, mudah-mudahan diberi kemudahan dan kelancaran oleh Allah bagi seluruh jajaran Pemprov Sumut dalam melaksanakan tugas dan berbuat untuk kepentingan masyarakat Sumut.

“Mudah-mudahan hubungan harmonis yang kita bina ini membawa keberkahan dan limpahan rahmat bagi Sumut. Serta, kita doakan agar hubungan harmonis antar umat beragama di Sumut yang telah terbina sejak dulu senantiasa terawat,” harapnya.

Ketua MUI Medan Muhammad Hatta mengapresiasi acara ramah-tamah yang diinisiasi oleh Gubernur tersebut. Hal ini dipandang sebagai tanda dan bukti kecintaan Gubernur, serta memuliakan dan menghargai ulama.

“Sinergi antara umara dan pemimpin, dan hubungan harmonis merupakan salah satu kunci kemajuan suatu daerah. Mudah-mudahan silaturahmi seperti ini semakin sering dilaksanakan ke depan,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara silaturahmi tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut R Sabrina, Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, para ulama dan OPD Pemprov Sumut.(SB/01)

Comments