Gubsu Edy Ungkap Warga Sumut Ada di Wuhan-Cina, Tapi Jumlahnya Belum Diketahui

sentralberita|Medan~Gubsu Edy Rahmayadi kepada wartawan, Senin (27/1/2020) usai memberikan sambutan hari ulang tahun Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) ke 59 di Jalan Sampul, Medan mengungkap warga Sumut di Wuhan, Cina.

Namun katanya, jumlahnya belum diketahui, tapi dipastikannya ada warga Sumatera Utara yang masih berada di Wuhan, Cina. Pihaknya masih melakukan pendataan.

“Pasti ada, tapi orangnya datang kemari atau tidak, atau orang kita ke sana nggak? Ini yang sedang dipelajari,” katanya.

Ketika ditanya apakah akan ada rencana mengevakuasi warga Sumut yang masih berada di Wuhan, menurut Edy, pihaknya masih mendatanya.

“Ini yang sedang didata. Mereka tidak boleh keluar ke mana-mana kalau kena wabah. Dia harus diobati di sana. Nanti dibawa ke sini, di sini terangkit, nanti makin repot semua,” katanya.

Edy tidak merinci jumlah warga Sumut yang berada di Wuhan ketika ditanya lebih rinci. Apakah warga Sumut di Wuhan dalam rangka wisata ataupun kuliah, Edy menjawab singkat. “Ada. (angkanya) itu ang belum tau. Ini yang sedang kita data,” katanya.

Edy menambahkan, pihaknya sudah mengimbau kepada petugas dan masyarakat agar mewaspadai virus ini. Kedua, rakyat jangan mudah gundah, emosional, stres dan meminta agar petugas diberikan kesempatan untuk melakukan penanganan.

Terkait adakah posko pengaduan warga Sumut yang keluarganya sedang ada di Wuhan, menurut Edy juga sudah ada (posko) dan sudah ada koordinasi. “Tapi tolong ini jangan disebarluaskan nanti setres orang. Ini kita menjaga, dari kita ke kita,” katanya.

Dikatakannya, dirinya sudah mengecek ke dalam dan sampai saat ini, belum ada wabah corona di Sumut. “Ini yang akan ketat kita jaga. Langkah kedua, kita akan bener-bener melihat orang-orang dari luar, khususnya dari negara yang terkena wabah. Kita akan siapkan ini,” katanya.(SB/01)

Comments