Dihadiri 2000 di USU, Zaidul Akbar Beri Hadiah Bacaan Surah ‘Abasa Buat Edy Rahmayadi

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menghadiri Seminar Akbar Jurus Sehat Ala Rasulullah bersama dr Zaidul Akbar selaku Ketua Umum Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI) yang diselenggarakan di Auditorium USU, Jalan DR Mansyur Medan, Minggu (12/1/2020).

sentralberita|Medan~Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumut, Nawal Edy Rahmayadi dr Zaidul Akbar memberikan hadiah dengan melantunkan surah ke-80 dalam Quran, yakni surah ‘Abasa.

Sekitar 2000 lebih undangan memenuhi Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Jalan Dr Mansyur Medan, Minggu (12/1). Mereka antusias datang untuk mengikuti Seminar Akbar yang dibawakan dr Zaidul Akbar, ustaz yang terkenal sebagai penggagas dakwah dengan tema Jurus Sehat Ala Rasulullah.

“Surah ini merupakan salah satu surah yang saya suka dan resapi terjemahannya. Saya ingin bacakan surah ini sebagai hadiah kepada Gubernur, berupa bentuk semangat dan cinta saya atas kehadiran Bapak Gubernur. Mudah-mudahan hadiah ini yang akan menyatukan kita tak hanya di dunia tetapi juga di akhirat,” ucapnya yang segera diaminkan oleh para peserta seminar.

Suara merdu dr Zaidul Akbar menggema di seluruh auditorium. Peserta seminar fokus mendengarkan, melahirkan suasana yang penuh khidmat. Usai membacakan surah, Zaidul yang juga merupakan Ketua Umum Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI) kemudian melanjutkan dengan membawakan ceramah kiat hidup sehat dengan mengamalkan tuntunan Quran dan Sunnah Rasulullah.

“Kalau kita kembali kepada ajaran-ajaran Islam, saya yakin kita akan menjadi manusia yang sehat. Sehat itu adalah buah dari ketaatan kita kepada Sang Pencipta. Beberapa kiat sehat yang dianjurkan ialah bekam, puasa, dan mengkonsumsi madu,” jelas Zaidul dalam ceramahnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi setuju dengan apa yang disampaikan Zaidul. Kunci menjadi manusia yang sehat, kata Edy, sudah diterangkan dalam Alquran dan praktik hidup Rasulullah. “Saya pernah baca ada penelitian di Amerika yang menganjurkan untuk puasa dua kali dalam seminggu, dalam Islam sejak zaman Nabi sudah ada ini puasa Senin-Kamis,” ungkap Edy.

Untuk itu, Edy sangat mengapresiasi terlaksananya Seminar Akbar dengan tema Jurus Sehat Ala Rasulullah. Diharapkan, semakin banyak umat muslim yang semakin memperhatikan kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat sesuai tuntunan islam.

“Seperti kata dr Zaidul Akbar, Indonesia kaya dengan rempah-rempah yang mengandung anti oksidan, baik untuk tubuh. Bahkan, Belanda dulunya jauh-jauh ke sini untuk mengambil rempah-rempah. Ayo kembali kita menggunakan bahan-bahan alami, jauhi makanan-makanan yang mengandung bahan-bahan kimia,” pesan Edy.

Wakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar M Ked (OG) Sp OG (K) juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya seminar dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Edy Rahmayadi. “Semoga seminar yang terselenggara di USU ini memberikan banyak manfaat, tak hanya untuk mahasiswa tetapi juga masyarakat Sumut,” tuturnya.

Turut hadir dalam seminar tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, civitas akademik USU, 2000 lebih peserta seminar dan panitia.(SB/01)

Comments