Pasca Banjir Bandang, Akses ke Desa Hatapang Sudah Terbuka

sentralberita|Labura~Akses jalan menuju Desa Hatapang, Kecamatan NA IX-IX, Labuhan Batu Utara yang sempat terisolir akibat banjir bandang pada Minggu (29/12/2019) dini hari kini sudah bisa dilalui setelah dilakukan pembersihan di beberapa titik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara, Riadhil Akhir Lubis mengatakannya kepada wartawan ketika dikonfirmasi pada Senin siang (30/12/2019). “Kemarin sore baru, sekitar pukul 5 sore sudah terbuka. Desa ini tidak lagi terisolasi,” katanya.

Bahkan, lanjut dia, pada saat pembukaan akses menuju desa itu, Bupati Labuhan Batu Utara, Kharuddin Syah Sitorus alias Buyung sempat terjatuh ke dalam sungai saat menyeberangi jembatan yang terbuat dari bambu.

“Bahkan bupati jatuh ke sungai. Videonya kan viral itu, alhamdulillah dia masih hidup. Itu memasuki Desa Hatapang baru bisa jalan kaki, dipasang kayu bambu. itu memasuki desa hatapang baru bsia memasuki desa . jalan kaki. pasang bambu titi jembatan.

“Semalam itu lah, kan jatuh ke sungai. videonya viral. Itu memasuki Desa Hatapang baru bisa jalan kaki, setelah dipasang bambu titi,” katanya.

Dikatakannya, saat ini terdata sebanyak 19 rumah yang rusak dan hancur, satu jembatan putus, lahan pertanian rusak. “Batu dan kayu ke desa itu. Korban jiwa masih nihil.
Lima orang itu masih kita duga hilang dan masih dalam pencarian oleh Tim SAR,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Desa Hatapang adalah desa di Kecamatan NA IX-IX, Labuhan Batu Utara yang aksesnya sempat terisolir setelah terjadinya banjir bandang pada Minggu (29/12/2019) dini hari. Banjir itu terjadi setelah hujan deras beberapa jam sebelumnya.

Selain Desa Hatapang, desa yang juga terdampak adalah Desa Pematang di kecamatan yang sama. Lima orang dalam satu keluarga dilaporkan hanyut bersama dengan rumahnya. Saat ini, tim Search and Rescue (SAR) sedang melakukan pencarian.(SB/01)