Nurdin Lubis Estafetkan DHD 45 Sumut kepada Mayjen TNI Muhammad Hasyim

H Nurdin Lubis SH MM (kanan) mengestafetkan kepemimpinan DHD 45 Sumut kepada Mayjen TNI Purn Muhammad Hasyim SSos.

sentralberita|Medan~H Nurdin Lubis SH MM mengestafetkan kepemimpinan Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Utara (DHD 45 Sumut) kepada Mayjen TNI Purn Muhammad Hasyim SSos.

Suksesi kepemimpinan DHD 45 Sumut yang benar-benar kondusif dan mengedepankan azas musyawarah mufakat tersebut berlangsung mulus dalam Musyawah Daerah (Musda) ke-13 DHD 45 Sumut yang berakhir Sabtu (14/12/19) sore.

Muhammad Hasyim yang dikenal telah malang melintang dalam sejumlah jabatan penting dan memiliki jam terbang tinggi dalam kiprahnya di TNI, terakhir menjabat Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Padmas Lemhanas RI, menerima estafet Ketua DHD 45 Sumut periode 2019 – 2024 dengan suara bulat secara aklamasi dalam Musda ini.

Ketua DHD 45 Sumut periode 2014 – 2019 H Nurdin Lubis SH MM yang mantan Sekdaprov Sumut pada awalnya mendapat dukungan dari sejumlah Dewan Harian Cabang (DHC) 45 kabupaten dan kota selaku pemegang hak suara.

Namun pada Musda ini Nurdin Lubis menyatakan sikap untuk tidak mencalonkan diri lagi dan mohon juga untuk tidak dicalonkan untuk periode kedua karena beliau akan fokus mengemban amanah bangsa sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) Gerakan Pramuka Sumut membantu Ka Mabida Sumut Gubsu H Edy Rahmayadi.

Akhirnya peserta Musda yang berlangsung di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan sejak dibuka Gubsu H Edy Rahmayadi diwakili Sekdaprovsu Hj Sabrina Jumat 13 Desember 2019 tersebut hanya memunculkan calon tunggal, Mayjen TNI Purn Muhammad Hasyim SSos.

Setelah diminta kesediaannya dan Muhammad Hayim menyatakan siap mengemban amanah ini dalam pleno yang dipimpin Bachtiar Sonar Siregar didampingi H OK Zulkarnain dan 3 unsur DHC, akhirnya seluruh peserta Musda aklamasi memilih Hasyim putra Pematangsiantar 21 Mei 1960 ini menjadi Ketua DHD 45 Sumut periode 2019 – 2024.

Muhammad Hasyim yang alumni SMA Negeri 1 Medan tahun 1979 seangkatan dengan Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi, yang saat ini juga menjabat Ketua Alumni SMA Negeri 1 Medan, menyatakan akan mengemban amanah ini dengan penuh tanggung jawab.

“Saya akan meneruskan kepemimpinan Bapak H Nurdin Lubis yang cukup berhasil dan sukses memimpin DHD 45 selama lima tahun ini terutama dalam pembudayaan kejuangan 45 di Sumut. Mari kita lestarikab jiwa, semangat dan nilai kejuangan 45 kepada generasi millienial,” ujarnya.

Sebelumnya peserta Musda juga secara aklamasi menerima pertanggungjawaban kepengurusan DHD 45 periode 2014 – 2019 yang diketuai H Nurdin Lubis seraya menyampaikan terima kasih atas pengabdian selama ini.

Kemudian Musda juga berhasil memilih Formatur yang diamanatkan menyusun komposisi kepengurusan lengkap DHD 45 Sumut masa bakti 2019 – 2024 yaitu Ketua Terpilih Muhammad Hasyim, Ketua 2014 – 2019 H Nurdin Lubis, unsur Dewan Paripurna Sumut Drs H Eddy Syofian MAP, Ketua DHC Langkat dan Ketua DHC Labuhanbatu.

Sebelumnya Musda ke-13 DHD 45 Sumut ini diawali seminar nasional “Menanamkan Nilai Nilai Juang 45 Kepada Generasi Milenial” serangkaian Musda ke-13 Dewan Harian Daerah (DHD) ‘45 Sumut di Aula Gedung Madinah Al Munawarah, Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan.

Seminar yang dihadiri Wasekjen I Dewan Harian Nasional ’45 Edi Safwan dan dibuka oleh Sekdaprovsu Hj Sabrina atas nama Gubsu ibi diikuti para pelajar dari beberapa SMA di kota Medan dan berjalan cukup berkualitas.

Pada seminar ini Gubsu berpesan kepada generasi muda haruslah menjadikan kebinekaan dan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan mengemukakan perlu bantuan dari berbagai elemen termasuk organisasi DHD 45 untuk melestarikan nilai-nilai kebangsaan tersebut. (SB/01)

Comments