Harumkan Nama Sumut, Fraksi Nusantara DPRDSU Minta Dukungan Gubsu Terhadap Perjuangan Yurid Audina Dkk di KIDE Taiwan

Ketua Fraksi Nusantara DPRD Sumut, Jafaruddin Harahap saat diabadikan bersama mahasiswa UINSU yang akan bertarung di ajang KIDE 2019 di Taiwan

sentralberita|Medan~Tim delegasi mahasiswa Sumut berhasil menorehkan prestasi tingkat internasional di ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) tahun 2019 di Malaysia .

Mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Rumah Internet tersebut berhasil membuat produk minuman kesehatan yang diberi nama Soifera.

Usai meraih medali emas di ajang WICE, selanjutnya mereka akan bertarung kembali di ajang Kaohsiung International Invention and Design Expo (KIDE) 2019 pada 6-8 Desember di Taiwan.

Yurid Audina, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) merupakan salahsatu peserta yang akan bertarung di ajang KIDE 2019.

Sebelum berangkat ke Taiwan, melakukan audiensi ke Ketua Fraksi Nusantara DPRD Sumut, Jafaruddin Harahap di gedung dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (3/12/2019).

Yurid Audina pada kesempatan itu didampingi Wakil Dekan I Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UINSU, Dr Rina Filia Sari, MSi memohon dukungan dan bantuan dewan agar tim delegasi sejumlah mahasiswa di Sumut dapat kembali menorehkan prestasi dan meraih emas di ajang KIDE tersebut.

“Saya mohon dukungan semua pihak agar kami kembali meraih prestasi di Taiwan nantinya,”kata Yurid.

Yurid mengaku inovasi yang akan diperjuangkan dan dipertarungkannya di Taiwan tidak jauh berbeda dengan inovasi yang telah mengantarkannya meraih di Malaysia kemarin.

“Kalau di Malaysia kemarin itu merupakan produk minuman kesehatan untuk mengatasi gizi yang ada di masyarakat Indonesia. Namun di Taiwan nanti akan kita tingkatkan kembali fungsinya sebagai suplemen dan mampu mengatasi penyakit kanker, jadi tidak sebatas minuman kesehatan saja,”jelas Yurid.

Sebelumnya diketahui, lima mahasiswa dan mahasiswi dari tiga universitas di Medan ini berhasil mendapatkan dua penghargaan karena keberhasilan membuat produk inovasi. Kelimanya yaitu Aflah Fajari dari Universitas Sumatera Utara (USU), Nurlina Maharani dan Yurid Audina dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), serta Rafika Utami dan Fanny Fashiri dari Universitas Negeri Medan (Unimed).

Ia menuturkan, di kompetisi tersebut juga harus bersaing dengan peserta dari delapan negara mulai dari Indonesia, Malaysia, United Kingdom (UK), Vietnam, Thailand, Turky, dan Korea Selatan.

“Kompetisi ini diikuti dari delapan negara dengan jumlah total pesertanya ada 251 partisipan yang jurinya juga berasal dari delapan negara tersebut dan alhamdulilah kami bisa mendapatkan juara,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Soifera adalah sejenis bubuk penambah nutrisi dan gizi dati minuman yang salah satu bahannya yaitu kecambah sorgum.Ia menerangkan, Soifera juga memiliki manfaat yaitu mengganti susu hewani menjadi nabati , memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, rendah lemak dan sebagai antioksidan.

Diminta Dukungan Pemprovsu

Menyikapi kunjungan audiensi Yurid Audina, Ketua Fraksi Nusantara DPRD Provinsi Sumatera Utara, Jafaruddin Harahap menegaskan sangat mendukung dan bangga terhadap prestasi diraihnya yang telah mengharumkan nama baik Sumatera Utara.

Jafaruddin berharap Pemprovsu dibawah kepemimpinan Gubsu Edy Rahmayadi juga mendukung penuh perjuangan Yurid Audina dan kawan-kawannya, yang akan bertarung di Koasiung.

“Adinda Yurid dan kawan-kawannya ini merupakan asset bangsa khususnya Sumatera Utara yang telah mampu diusia mudanya mengharumkan nama propinsi dan bangsanya.

Untuk itu, atas nama FraksI Nusantara DPRD Sumut kita sangat berharap kepada Pemprovsu, agar mendukung penuh khususnya pembiayaan setiap perjuangan yang dilakukan para generasi muda kita dalam mengharumkan nama bangsa dan daerahnya,”tegas Jarafuddin yang juga Sekretaris DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumut ini.

Hal senada disampaikan Wakil Dekan I FST UINSU, Rina Filia Sari berharap kepada masyarakat Sumut agar mendoakan anak didiknya tersebut kembali menorehkan prestasi di ajang KIDE 2019 di Taiwan.

Rina juga berharap hasil invonasi yang diraih Yurid bersama mahasiswa Medan lainnya agar dipertahkan pemerintah dan segera dipatenkan.(SB/01)

Comments