Budaya Minat Baca Harus Terus Di Kembangkan

SentralBerita|Medan ~ Pemko Medan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan menggelar Acara Pembinaan dan Pengembangan Minat Baca di Aula SMP Negeri 1 Medan Jalan Bunga Asoka, Selasa (3/12). Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa SMP ini dapat terus menumbuhkembangkan minat baca serta siswa yang lainnya dapat tertular dalam mengembangkan minat baca.

Demikian disampaikan Plt Tugas Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial (Aspem) Setda Kota Medan Musaddad Nasution ketika membuka Acara Pembinaan dan Pengembangan Minat Baca. Acara ini diikuti sebanyak 315 siswa dari 21 SMP yang ada di Kota Medan.

Sebelum membuka acara tersebut, Aspem terlebih dahulu memberikan tantangan berupa pertanyaan kepada siswa mengenai pengembangan minat baca di sekolah siswa tersebut. Dengan penuh semangat para siswa mengangkat tangan berlomba-lomba menjawab pertanyaan yang diberikan. 5 siswa tercepat yang mengangkat tangan dipilih untuk menjawab pertanyaan kemudian jika siswa tersebut menjawab dengan benar, maka ia mendapat voucher berprestasi dari Bank Sumut dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan.

Dalam sambutannya, Aspem mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengajak siswa/i  memanfaatkan perpustakaan Kota Medan sebagai salah satu sumber informasi bagi kita semua, memberikan pengetahuan yang lebih sekaligus membina siswa/i agar lebih mencintai buku dan mau memberikan waktu lebih banyak untuk mau membaca agar dapat lebih berkreasi dan berinovasi.

Atas dasar itulah Aspem berharap setiap peserta bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini, menggali lebih banyak lagi pengetahuan tentang menulis baik fiksi maupun non fiksi, sehingga dapat membuat dan menciptakan karya-karya tulisan dalam literasi.

“Saya berharap suatu saat nanti Indonesia akan terbebas sepenuhnya dari buta huruf, sehingga tingkat literasi kita pun akan meningkat secara signifikan. Dengan peningkatan literasi, maka prestasi dunia pendidikan di tanah air Insha Allah akan semakin gemilang,” harap Musaddad.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Maya Fitriani menjelaskan tujuan dari kegiatan ini untuk untuk menciptakan masyarakat membaca (reading society), menuju masyarakat belajar (learning society) dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk menciptakan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berkualitas sebagai subjek pembangunan Nasional menuju masyarakat madani.

“Dinas Perpustakaan Kota Medan menghadirkan narasumber guna memberikan informasi dan pengetahuan mengenai minat baca diantaranya M Arifin dari UMSU, Nur Akmal dari Analisa dan Baringin Lumbang Gaol dari Gatra,” jelas Maya Fitriani. (SB/KR)

Comments