Pemko Medan Promosikan Heritage Melalui Medan Heritage Fun Bike

sentralberita|Medan~Ribuan masyarakat sangat antusias mengikuti Medan Heritage (warisan budaya) Fun Bike di Istana Mimun, Minggu (24/11). Acara yang di gelar Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan bertujuan untuk memperkenalkan kepada para peserta bahwa Kota Medan memiliki warisan budaya yang sangat indah.

Para peserta Medan Heritage Fun Bike yang dilepas Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diikuti dari berbagai Instansi/lembaga yang ada di Kota Medan serta masyarakat dari beberapa Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara yakni Deli Serdang, Binjai, Kisaran, Langkat, Labuhan Batu, Asahan, Batubara, Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Padang Lawas, Mandailing Natal, dan Dairi.

Selain Kabupaten/Kota yang ada di Kota Medan, acara ini juga diikuti peserta dari luar negeri yakni Malaysia dan USA. Selain itu juga diikuti peserta dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia diantaranya Jawa Tengah, Riau, Langsa, Aceh Tamiang, Yogyakarta, DKI Jakarta, Banda Aceh, Jawa Tengah, Palembang, Jambi, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jawa Barat dan Kalimantan Utara.

Para peserta Medan Heritage Fun Bike nantinya akan melewati 23 Heritage yang ada di Kota Medan yakni Istana Maimun, Kantor Harian Waspada, Kantor PTPN IV, Gereja BPIB Immanuel, Kantor Gubernur Sumut, Kuil Sri Mariamman, Rahmat Galery, Tugu Guru Patimpus, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung BKSPPS, Gedung Bank Mandiri, Tjong A Fie Mansion, Restauran Tip Top, Gedung Lonsum, Balai Kota Lama, Kantor Bank Indonesia, Hotel Dharma Deli, Kantor Pos Indonesia, Stasiun Kereta Api, Titi Gantung, Menara PDAM Tirtanadi, Masjid Raya Al Masum, dan yang terakhir Museum Negeri Provsu.

Adapum rute yang dilalui Jalan Brigjen Katamso, Jalan Letjen Suparpto, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan P Diponegoro, Jalan K H Zainul Arifin, Jalan T Cik Ditiro, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan S Parman, Jalan Kapten Maulana Lubis, Jalan Imam Bonjol, Jalan Palang Merah, Jalan Ahmad Yani, Jalan Balai Kota, Jalan Prof H M Yamin, Jalan Kereta Api, Jalan MT Haryono, Jalan Cirebon, Jalan SM Raja, Jalan Halat -Gedung Arca, Jalan H M Joni, Jalan SM Raja, Jalan IR H Juanda, Jalan Brigjen Katamso.

Usai melepas peserta Medan Heritage Fun Bike, Plt Wali Kota bersama Asisten Umum Setda Kota Medan Renward Parapat juga ikut serta bersepeda mengeliling Heritage yang ada di Kota Medan. Acara lebih meriah lagi ditambah dengan hadiah lucky draw yang tidak kalah menarik. Dalam kesempatan tersebut, Konsulat Jendral Malaysia Medan Amizal Fadzli bin Rajali memberikan plakat sebagai bentuk tanda kekerabatan.

Plt Wali Kota, mengapresiasi digelarnya Medan Heritage Fun Bike. Ia mengaku sangat senang apalagi antusias dari masyarakat yang berbondong-bondong mengikuti kegiatan Medan Heritage Fun Bike. “Saya sangat senang pasalnya para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini bahkan para pesertanya ada yang berasal dari Malaysia dan USA secara tidak langsung kita dapat mempromosikan Heritage yang dimiliki Kota Medan,” kata Plt Wali Kota.

Disamping itu, Plt Wali Kota juga mengungkapkan, kegiatan Medan Heritage Fun Bike ini merupakan salah satu upaya untuk lebih memperkenalkan potensi pariwisata di Kota Medan. Kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang mempromosikan wisata sejarah di Kota Medan sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisata.

“Tanpa promosi yang berkelanjutan, niscaya pariwisata Kota Medan akan terus tertinggal dari wilayah lain di Indonesia yang terus berinovasi dan berpromosi demi meningkatkan kunjungan wisata ke daerahnya,” ungkap Akhyar.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Wali Kota tidak lupa berpesan kepada para peserta agar mengurangi penggunaan botol minum sekali pakai dan membuang sampah pada tempatnya serta selalu menajaga lingkungan sekitar.

“Saya selalu ingatkan kepada masyarakat agar selalu menggunakan tumbler sehingga kita dapat mengurangi sampah dari kemasan air minum plastik yang sangat sulit terurai. Dan juga jaga selalu kebersihan lingkungan kita, buanglah sampah pada tempatnya,” pesan Plt Wali Kota.(SB/01/KR)

Comments