Panjat Tebing Sumut Raih Dua Emas di Porwil se-Sumatera X

Agung bersalaman dengan atlet panjat tebing tang meraih dua emas pada Porwil Sumatera

sentralberita|Bengkulu~Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sumatera Utara memenuhi target raihan dua medali emas pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Se Sumatera X yang berlangsung 30 Oktober s/d 9 November 2019 di Provinsi Bengkulu.

Dua emas itu disumbangkan Glenn Bakri dan Fitri Melinda Sitorus pada pertandingan hari terakhir kategori Speed Track Perorangan Putra dan Speed Track Perorangan Putri di Stadion Semarak Sawah Lebar, Kota Bengkulu, Selasa (5/11).

“Panjat tebing sudah memenuhi target dua emas sebagaimana yang mereka janjikan kepada KONI Sumut. Namun ada beberapa cabor lain yang sepertinya sulit untuk mencapai target mereka,” kata Ketua Kontingen Sumut Prof Dr Agung Sunarno.

Guru Besar Olahraga Unimed itu lantas memaparkan beberapa cabor yang memberikan target tidak realistis. Juga ada yang targetnya realistis, namun kemudian terbentur dengan ambisi juara tuan rumah Bengkulu yang menghalalkan segala cara serta kebijakan pelatnas SEA Games.

“Untuk bulutangkis, muaythai dan tinju, Bengkulu melakukan mutasi atlet yang tidak sesuai aturan PON,” papar Prof Agung, didampingi Bendahara Agung Santoso, Wakil Bendahara TP Sihombing, Kabid Data Mesnan Mkes dan Wasping Cabor Panjat Tebing H Hermansyur.

“Di cabor atletik, atlet kita yang sedang mengikuti Pelatnas SEA Games hanya dibolehkan turun pada satu nomor pertandingan. Sebaliknya untuk renang, atlet pelatnas Riau dan Sumatera Selatan boleh turun di empat nomor,” tambahnya.

Terkait beberapa kendala dimaksud, Plt Wali Kota Medan H Akhyar Nasution seusai menyerahkan medali pada UPP Glenn Bakri dan Fitri Melinda, meminta kepada semua atlet Sumut untuk tetap semangat, terus tampil maksimal dan memberikan yang terbaik bagi kontingen.

“Saya mengapresiasi perjuangan atlet Sumut terutama Medan yang bertanding di sini. Bagi yang belum belum bertanding, agar tetap semangat, terus tampil maksimal dan berikan yang terbaik,” pinta Akhyar.

Didampingi Sekretaris Dispora Medan H A`zam Nasution dan Ketua KONI Medan Eddy H Sibarani, Akhyar dalam kunjungan dua harinya di Bengkulu telah memotivasi atlet Sumut di venues cabor atletik, biliar, bola voli tinju dan panjat tebing.

“Saya sengaja datang ke sini untuk men-support atlet kita. Semoga ini dapat memotivasi dan menyemangati mereka,” harapnya.

Glenn Bakri mendulang medali emas Cabor Panjat Tebing Porwil X, setelah yang menjadi yang tercepat dan akurat di kategori Speed Track Perorangan Putra. Perak direbut M Relly Al Fiqri (Bengkulu) dan perunggu Jufri Naldi Darwansa (Riau).

Sedangkan Fitri Melinda menjadi pemenang kategori Speed Track Perorangan Putri pasca mengatasi Novita dari Aceh (perak). Perunggu untuk nomor ini diraih Meriyana dari Bangka Belitung.

Sukses Tim Panjat Tebing Sumut yang dimanajeri Gary Arnol Bakri, kian lengkap dengan raihan medali perak kedua dari kategori Speed World Record Relay Putra atas nama Glenn Bakri, Busan M Rifki Inzaghi Sitorus Pane dan Rian Gordon Sitorus. Medali emas nomor ini dimenangkan trio Sumatera Selatan, perunggu direbut trio Babel.

Sebelumnya Sumut yang dilatih Wahyu Sahputra juga sudah memastikan raihan satu medali perak dari kategori Boulder Team Putra lewat kuartet Abdul Rahman Sihombing, Busan M Rizki Inzaghi SP, Rian Gordon Sitorus dan Rahman Wijaya. Medali emas didulang regu Riau, perunggu direbut regu Aceh.

“Untuk nomor ini atlet kita hanya kalah tipis dari Riau yang diperkuat atlet nasional yang bertanding Asian Games 2018 lalu,” ucap Wahyu Sahputra.(SB/01/rel)

Comments