Bertekad Emban Amanat Wujudkan Aspirasi Masyarakat Kota Medan

Hasyim mengangkat palu setelah diserahkan Ihwan Ritonga yang memimpin sidang paripurna, pada pelantikan pimpimpinan DPRD Medan, Jum’at (8/11/201)

sentralberita|Medan~Momentum bersejarah yang ditunggu-tunggu itu akhirnya terwujud. Empat pimpinan DPRD Medan dilantik dengan pengucapan sumpah/janji masa jabatan 2019-2024 di kantor DPRD Medan Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Jum’at (8/11/2019) oleh Ketua Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus Dr Djaniko MH Girsang SH, Mhu.

Empat pimpinan DPRD Medan yang dilantik berdasarkan SK Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi No 188.44/680/KPTS/2019 tanggal 6 November 2019 tentang peresmian pengesahan pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024 dibacakan Sekwan DPRD Medan Abdul Azis , yakni Ketua DPRD Medan Hasyim SE (PDI Perjuangan), Wakil Ketua H Ihwan Ritonga SE (Gerindra), Wakil Ketua Rajudin Sagala (PKS) dan Wakil Ketua HT Bahrumsyah (PAN).

Empat pimpinan DPRD Meda,, Hasyim, Ihwan Rajuddin Sagala, Bahrumsyah mengangkat tangan berkepalan

Diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, rapat dipimpin Wakil Ketua sementara H Ihwan Ritonga SE MM didampingi Ketua sementara Hasyim SE, dihadiri para anggota DPRD, Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan Wiria Al Rachman, sejumlah Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), Camat,Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda Ketua Bawaslu dan KPU Medan,Kakan Depag Medan dan undangan lainnya.

Maaf dan Terima Kasih

Ihwan bersalaman dengan Hasyim yang sebelum pelantikan mereka pimpinan sementara DPRD Medan masa jabatan 2019-2024

Ihwan Ritonga yang memimpin sidang paripurna pengambilan sumpah/ janji pelantikan pimpina DPRD Medan masa jabatan 2019-2024, itu menyampaikan sebagai pimpinan sementara yang telah dilakukan mereka, memfasilitasi pembentukan faksi, memfasitasi penyusunan peraturan DPRD tentang Tatif DPRD Medan dan memproses penetapan pimpinan DPRD defenitif.

Kesempatan paripurna ini merupakan kesempatan terakhir dalam memimpin rapat paripurna selanjutnya mengakhiri tugas kami sebagai pimpinan  sementara, katanya.

“Dari lubuk hati yang paling dalam mohon maaf kami kami apabila dalam menjalan tugas selama ini sebagai piminan sementara DPRD Medan kurang berkenan.”ujarnya. Sebelumnya, tangal 16 September 2019 lalu sebanyak 50 anggota DPRD Medan masa jabatan 2019-2014 telah dilantik.

Hasyim menandatangani berita acara dihadapan Ketua PN Medan kelas I khusus

Selanjutnya Sekwan DPRD Medan Abdul Azis membacakan SK penetapan pimpinan DPRD defenitif Gubernur Sumatera Utara No 188.44/680/KPTS/2019 tanggal 6 November 2019 tentang peresmian pengesahan pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024.

Sumpah/Janji

Dalam sumpah/janji masa jabatan 2019-2024, Ketua Pengadilan Negeri Medan Kelas I A Khusus Dr Djaniko MH Girsang SH, Mhu mengawali sumpah/janji mengatakan, bahwa sumpah dan janji yang diucapkan adalah mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negera RI, tanggung jawab menyelematkan Pancasila dan UUD 1945 serta bertanggung terhadap kesejahteraan rakyat.

Ihwan menandatatangani

“Apakah saudara bersedia diambil sumpah atau janji, menurut agama apa…perlu saya ingtkan kepada saudara, sumpah janji yang akan saudara ucapkan ini adalah mengandung tanggung jawab kepada bangsa dan negari RI, tanggung jawab kepada pancasila dan UUD 1945 serta tanggung jawab kepada kesehteraan rakyat.”

Sumpah janji ini disamping disaksikan diri sendiri dan semua yang hadir disini, juga yang terpenting yang harus diyakini disaksikan Tuhan dan pada akhirnya kepada Tuhan yang harus dipertangungjawabkan.

Tekad Wujudkan Aspirasi

Ketua DPRD Medan Hasyim, SE, kami dari pimpinan DPRD  Medan telah bersupah kepada ketua PN Kelas I Khusus agar menjalankan tanggung jawab sebesar-besanya. 

Rajuddin Sagala menandatangani

“Izinkan kami pimpinan  DPRD Medan  mengucapkan terimakasih kepada pimpinan partai politik yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan untuk menjadi pimpinan DPRD Medan  dan kepada Plt Walikota Medan yang telah memproses penetapan pimpinan DPRD Medan defenitif”ujarnya menagawali sambutannya.

Seuai Undang-Undang nomor 23 tahun2014 tntang pemerintahan daerah pasal 148 ayat 1 berbunyi DPRD kabupaten/ kota merupakan lembaga perwakilaan rakyat kabupaten /kota yang berkedudukan sebagai unsur penyelengrara pemerintahan kabupaten/kota dan pada psl 1 DPRDkabupaten /kota  mempunyai fungsi pembentukan peraturan, anggaran dan pengawasan.

Bahrumsyah menandatangani

Untuk itu,dalam perwujudan DPRD dimaksud, maka tugas kedepan yang harus dilaksanakan menyususn rencana kerja DPRD Medan dan rancangan kerja alat kelengakapan DPRD Medan.

Segenap kemapuan yang ada pada kami dengan penuh rasa syukur dengan bermohon petunjuk kepada Tuhan yang Maha Esa,kami akan melaksanaka n tugas dan kewajiban mengembanamanat untuk memenerima dan memperjuangkan serta mewujujudkan aspirasi masyarakat kota Medan yang sesuai visi kota Medan.

Sekwan DPRD Medan bersalaman dengan Bahrumsyah seusai diambil sumpah/janji

“Tentu hal ini Dibarengi niat yang baik dan terus berusaha untuk lebih baik serta mendapat dukungan semua pihak menuju Medan Maju Sejahtera,”ujar Hasyim dalam sambutannya saat pelantikan tersebut.

Harapan Plt Walikota Medan

Sementara itu Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution mengharapkan dengan penetapan pimpinan DPRD Medan sejumlah agenda dapat bekerja maksimal. Kepada seluruh DPRD Medan dapat mewujudkan tugas yang tulus menjalankan tugas tugas dewan.

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution bersalaman dengan Hasyim, SE

Dia pun mengucapkan selamat atas peresmian dan pengambilan sumpah/janji keempat pimpinan DPRD Medan masa jabatan 2019-2024 dengan harapan para pimpinan DPRD dapat menjalankan tugas, tanggungjawab dan amamat yang diberikan warga Kota Medan dengan penuh amanah.

“Atas nama Pemko Medan kami mengucapkan selamat kepada keempat pimpinan DPRD Medan yang telah diambil sumpah/janjinya. Kami bersyukur seluruh rangkaian mulai pemilihan hingga proses peresmian penetapan berjalan dengan aman dan lancar. Tentu, tugas berat sudah menanti dihadapan mata. Sebab masyarakat menunggu hasil kerja nyata kita,” katanya.

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution bersalaman dengan Bahrumsyah

Selanjutnya, Plt Wali Kota mengajak pimpinan dan seluruh unsur DPRD Medan agar senantiasa menjaga koordinasi, komunikasi dan kerjasama dengan Pemko Medan untuk bersama-sama membawa dan menjadikan Kota Medan ke arah yang lebih baik di segala bidang. Terlebih dalam mendukung program-program pembangunan yang telah dicanangkan.

“Semoga hubungan baik yang terjalin antara Pemko Medan dan DPRD Medan dapat semakin solid guna mewujudkan visi misi Kota Medan menjadi kota metropolitan yang multikultural, humanis, berdaya saing, sejahtera dan religius.

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution bersalaman dengan Rajudin Sagala

Disamping itu juga demi terciptanya kesejahteraan rakyat yang dapat dirasakan secara adil dan merata,” tambahnya.

Mantan anggota DPRD Medan itu kemudian mengungkapkan agar pimpinan DPRD Medan dapat menciptakan dan menjaga iklim DPRD Medan senantiasa lebih baik, harmonis dan humanis.

“Hendaknya semua unsur dapat menjaga kualitas DPRD Medan sehingga dapat menerima apirasi masyarakat untuk didengar dan diimplementasikan.

Semoga masa jabatan lima tahun ini senantiasa diisi dengan kesungguhan bekerja. Mari bekerja keras, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas,” ajaknya.(SB/Husni.L).

Comments