TPID Kecamatan Natal Gelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2019

sentralberita|Madina~Bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan Natal Jalan Pahlawan Kelurahan Pasar II Natal, hari ini Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melaksanakan Bursa Inovasi Desa (BID), Kamis (17/10/2019).

Acara ini dihadiri oleh seluruh Unsur Muspika Kecamatan Natal, para Kepala Desa dan BPD se-Kecamatan Natal, serta para tokoh masyarakat seluruh desa yang di Kecamatan Natal.

Dalam acara ini, sebanyak 44 Inovasi Desa yang terdiri dari tiga bidang, yakni Infrastruktur (12 inovasi), Sumber Daya Manusia (7 inovasi), dan Kewirausahaan (25 inovasi) dipamerkan panitia Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Mandailing Natal.

Pantauan sentralberita.com, usai penyampaian pembukaan dan sambutan, kemudian acara dilanjutkan dengan pemutaran Video Inovatif dan peninjauan Bursa Inovasi Desa, yang selanjutnya pengisian kartu komitmen oleh para kepala desa.

Pelaksana TPID Kecamatan Natal, Mislahuddin dalam sambutannya mengatakan, acara ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia No.4 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Desa No 48 Tahun 2018 dan Surat Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa No.802/PMD04.01/V/2019, ucapnya.

Masih Mislahuddin, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan melalui peningkatan Pendapatan Desa yang lebih efektif dari sudut pandang inovasi yang disertai dengan peningkatan Sumber Daya Manusia, sebagaimana slogan BID, “Datang, Komit, Tiru, dan Maju. Itulah harapan kita bersama”, ujarnya.

Camat Kecamatan Natal Bapak Riplan S.Sos menyampaikan apresiasinya atas kinerja para panitia yang mampu menyelenggarakan bursa dengan sangat baik, rapi dan terarah, ucapnya.

Untuk mengektifkan perencanaan pembangunan desa, maka perencana desa perlu mengembangkan wawasan yang inovatif. Salah satu caranya yaitu dengan belajar dari cara sukses dan inovatif dari desa lainnya, ungkap Riplan,S.Sos.

Sementara itu, TA P3MD Kabupaten Mandailing Natal Bapak Irwansyah mengatakan, diharapkan kepada seluruh desa agar dapat menerapkan ide inovasi yang disuguhkan dalam BID, sehingga apa yang menjadi tujuan acara ini dapat terwujud, paparnya dengan ramah. (MAH)

Comments