Pembangunan Jalan Rabat Beton untuk Kebutuhan dan Kepentingan Masyarakat

sentralberita|Madina~Desa Patiluban Mudik Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) merupakan desa paling sebelah timur di Kecamatan Natal yang berbatas dengan Desa Perbatasan Kecamatan Lingga Bayu yang dipimpin oleh Kepala Desa Irwan, sejak pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2018 di Kabupaten Madina yang dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2018 yang lalu.

Bagi Irwan, mengemban amanah dari rakyat itu tidaklah mudah, harus benar-benar menghormati dan menghargai seluruh saran, masukan, kritikan dan aspirasi dari masyarakat, dalam rangka menjalankan penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang baik.

Melakukan pengelolaan Dana Desa, tahun 2019 ini adalah merupakan tahun perdana baginya, mulai dari penggalian usulan kepada masyarakat, hingga dalam melaksanakan Musyawarah Desa Penetapan usulan untuk dibukukan ke dalam APB Desa dengan memperhatikan semua aspirasi dan mempertimbangkan azas kebutuhan dan pemanfaatannya untuk masyarakat umum.

Hasil pantauan sentralberita.com di lapangan, di Desa Patiluban Mudik itu, ada dua titik pembangunan jalan rabat beton yang didanai oleh Dana Desa Tahun Anggaran 2019 ini , salah satunya berukuran 340 Meter Panjang dan lebar 1,5 Meter, dengan pagu dana sebesar Rp. 166.838.200,- (Seratus Enam Puluh Enam Juta Delapan Ratus Tiga Puluh Delapan Ribu Dua Ratus Rupiah).

Kemudian, satu titiknya lagi, panjang 301 Meter, dan lebarnya 1,5 Meter dengan pagu dana sebesar Ro. 148,174.800,- (Seratus Empat Puluh Delapan Juta Seratus Tujuh Puluh Empat Ribu, Delapan Ratus Rupiah).

Saat ini, kedua kegiatan pembangunan jalan rabat beton itu sedang dalam tahap pengerjaan, progresnya cukup bagus, meski belum selesai dikerjakan 100 persen oleh pekerjanya yang merupakan masyarakat setempat itu sendiri.

Hal tersebut telah dibenarkan oleh Kepala Desa Patiluban Mudik Irwan saat dikonfirmasi sentralberita.com yang berhasil ditemui di rumahnya, sabtu (19/10/2019).

Menurut Kepala Desa Patiluban Mudik itu, pembangunan jalan rabat beton itu adalah merupakan keinginan masyarakat yang diusulkan dan ditetapkan melalui Musyawarah Desa, selain memang dibutuhkan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat secara umum karena didalamnya banyak areal perkebunan masyarakat, serta akses jalan itu adalah jalan menuju pemakaman umum, ucap Irwan.

Diharapkan kepada seluruh unsur masyarakat Desa Patiluban Mudik agar bersyukur kepada Allah SWT atas pembangunan jalan rabat beton tersebut, karena jalan itu merupakan fasilitas umum yang dibiayai dari Dana Desa, tentunya jalan itu akan menjadi aset desa, oleh karenanya agar sama-sama dijaga, dan mari sama-sama kita bangun desa kita ini, demi kemajuannya, pungkas Kades. (MAH)

Comments