Mari Kembali Kepada Nilai Luhur Pancasila

sentralberita|Medan ~ Eksponen 66 menggelar diskusi panel dengan mengusung tema, “Melanjutkan Perjuangan Angkatan 66 Menuju Kehidupan Rakyat Yang Maju, Makmur dan Berkeadilan Berdasar Pancasila dan UUD 1945 di Hotel Madani Medan, Senin (1/10). Diskusi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019. Diharapkan melalui kegiatan ini mampu mengajak semua untuk kembali kepada nilai-nilai luhur Pancasila.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kepala Badan Kesbangpol Linmas Kota Medan Sulaiman Harahap menyambut baik dan mendukung penuh digelarnya diskusi panel tersebut. Sebab, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menjadikan kembali Pancasila sebagai alat untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia.

Menurut Sulaiman, Hari Kesaktian Pancasila yang senantiasa diperingati merupakan ikrar untuk senantiasa menjadikan Pancasila sebagai sumber kekuatan yang menyatukan seluruh elemen bangsa Indonesia. “Jika dahulu Hari Kesaktian Pancasila diperingati sebagai lambang kemenangan bangsa kita menghadapi bahaya komunisme yang diusung PKi, tapi kini Kesaktian Pancasila kembali diuji dengan berbagai konflik horizontal di berbagai wilayah Indonesia,” kata Sulaiman.

Atas dasar itulah tegas Sulaiman, Pancasila harus dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa. Di samping itu lagi, semangat persatuan dan kesatuan bangsa di Indonesia, termasuk Kota Medan terus dikuatkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga semakin solid ke depannya.

“Untuk itu melalui momentum Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, saya mengajak semua, mari kita kembali kepada nilai-nilai luhur Pancasila sehingga bangsa Indonesia akan senantiasa kokoh berdiri dan disegani dunia internasional, ” harapnya.

Diskusi panel ini diikuti seratusan.peserta yang berasal dari keluarga besar Eksponen 66 dan Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indoneaia (IPKI), serta perwakilan organisasi masyarakat. Sebagai nara sumber, panitia menghadirkan Prof Dr Usman Pelly MA, Prof DR dan Drs Suparno Wijoyo.

Sementara itu menurut Ketua Umum Eksponen 66 Medan Dr Ir Husni Husin, Eksponen 66 merasa berkepentingan melaksanakan kegiatan ini agar seluruh lapisan masyarakat dapat mengetahui lebih jauh tentang Pancasila sebagai dasar negara sekaligus sebagai pemersatu seluruh rakyat Indonesia. Di samping itu Eksponen 66 juga akan bekerjasa dengan IPKI akan turun untuk memberi penjelasan mengenai Pancasila sehingga semua dapat bersatu di tengah keberagaman.

“Rencananya setiap bulan kita akan turun ke seluruh wilayah Sumut untuk memberikan penjelasan tentang Pancasila, termasuk kepada mahasiswa. Kami ingin Pancasila mendarah daging dalam diri kita semua. Kegiatan ini akan kami sampaikan kepada Gubernur Sumut dan Wali Kota Medan,” jelas Husni.

Ditambahkan Husni, kegiatan ini juga digelar tidak terlepas sebagai bentuk rasa keprihatinan atas kondisi negara saat ini. Husni optimis apabila semua dapat mengimplementasikan semua nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, maka Indonesia akan menjadi lebih baik lagi ke depannya. (SB/H)