KPU Medan Laboratorium Pembelajaran Pemilu di Indonesia

Launching Pemilihan Walikota Medan dan Wakil Walikota Medan Tahun 2020 di Merdeka Walk Medan, Selasa (22/10) . (F/SB/01)

sentralberita|Medan~Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan melaksanakan Launching Pemilihan Walikota Medan dan Wakil Walikota Medan Tahun 2020 di Merdeka Walk Medan, Selasa (22/10).

Dihadiri Ketua KPU RI Arief Budiman, Evi Novida Ginting dan Komisioner KPU Sumut Herdensi Adnin, Syafrial Syah, Benget Silitonga, Ira Wirtati, Yulhasni dan Sekda Kota Medan Wirya Al Rahman serta Ketua DPRD Medan Hasyim, SE dan komisiner KPU Medan.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengungkapkan, KPU Kota Medan yang pertama di 23 Kabupaten/kota di Sumatera Utara,bahkan se-Indonesia yang melaksanakan Launching Pilkada 2020.

“KPU Medan ini sebagai laboratorium pembelajaran bagi Pemilu di Indonesia.Karena setiap pemilu terjadi perbaikan dan peningkatan partisipasi pemilih”,ujarnya.

Foto bersama usai lanching (f-SB-01)

Ke depan harapnya, harus mampu menjadi kiblat pelaksanaan pilkada terbaik di Indonesia.kiat yang harus dilakukan, katanya bekerja taransparansi, bekerja dengan penuh integeritas dan profesional.

Menurut KPU RI itu, ketika ketiga rangkaian tersebut dilaksanakan akan tumbuh kepercayaan publik yang pada akhirnya tumbuhnya peningkatan partisipasi masyarakat terhadap Pemilu.

“Bekerjalah dengan taransparan anggaran, data pemilih dan data suara dengan mudah bisa diakses, berintegritaslah dengan berpatokan pada yang benar ya benar yang salah ya salah dan profesional dengan sumber daya yang berkualitas,”ujarnya.

Ketua KPU RI Arief Budiman (F/SB-01)

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan Agusssah Ramadhani Damanik menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan Pilkada Kota Medan 2020 dengan menggunakan anggaran sebaik mungkin.

“Kesiapan ini kami nyatakan karena Pilkada Medan sudah siap termasuk dari sisi anggaran. Pemko Medan sangat membantu banyak dalam penyediaan anggaran,” katanya

Agussyah menjelaskan, dalam waktu dekat mereka akan melakukan berbagai tahapan pilkada seperti penetapan syarat calon dukungan untuk kalangan perseorangan. Selain itu mereka juga segera melakukan rekruitmen penyelenggara ad hoc ditingkat kecamatan dan kelurahan.

“Dalam hal ini kami juga yakin tidak akan kekurangan sumber daya manusia (SDM) yang akan bekerja sebagai penyelenggara di tingkat kelurahan dan kecamatan tersebut,” ujarnya.

Bebeberapa hari lalu, telah dilaksanakan Rakor dengan melibatkan stakeholder yang ada.Seluruh pihak memberikan dukungan sehingga memnumbuhkan kepercayaan dan percaya diri Pilkada Medan telah siap dilaksanakan.

“Kita berharap, partisipasi masyarakat tidak hanya pada hari H menggunakan hak pilihnya, tapi diharapkan partisipasinya dapat ditunjukan pada seluruh tahapan Pilkada dengan mengawalnya secara demokratis”ujar Agussah.

Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin menyapmpaikan angka partisipasi Pilkada Medan selama ini selalu di bawah 50 persen, diharapkan KPU Medan pada Pilkada 2020 Medan bisa meningkatkannya di atas 50 persen.

Sekda kota Medan Wirya Al Rahman menyambut baik dilaksanakannya launching Pilkada Medan 2020. Peko Medan katanya akan memfasitasi sesuai kapasitasnya dan bersikap dengan posisi netral dan melakukan mengawalan agar berjalan cancar, damai dan tidak ricuh.(SB/01)

Comments