Hujan dan Luapan Sungai Bintuas, Pelajar Terpaksa Libur Sekolah

sentralberita|Madina~Dikabarkan sekitar pemukiman warga dan jalan lintas Desa Sikara-kara IV Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terendam banjir r, sehingga akses transportasi Kenderaan Bermotor Roda Empat kebawah sementara ini tertenti, bahkan anak sekolah SMP dan SM sederajatnya terpaksa libur sejak hari ini, kamis (24/10/2019).

Hal itu telah dibenarkan oleh Kepala Desa Sikara-kara IV Kandar Iman Siregar saat dikonfirmasi sentralberita.com sekira pukul 07:00 Wib pagi ini, rabu 24 oktober 2019.

Dijelaskannya, banjir yang terjadi sejak sekitar pukul 16:10 Wib sore kemarin (23/10/2019), diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini, selain meluapnya Sungai Bintuas, sehingga jalan lintas dan pemukiman warga yang tergenang air sekitar 100 Cm sejak sore kemarin (Rabu), dan pada pagi ini (Kamis) kedalamannya telah berkurang menjadi sekitar 50 Cm, namun tetap saja mematikan arus lalulintas desa karena Kenderaan kecil yang tidak lewat, kata Kepala Desa Kandar Iman Siregar.

Selain itu, sambung Kandar Iman Siregar, merendam jalan milik Pemerintah Daerah Mandailing Natal itu, banjir ini juga membuat para pelajar yang bersekolah diluar desa setingkatan SMP dan SMA terpaksa harus diliburkan sementara waktu sampai banjir surut dan dipastikan jalan lintas itu bisa dilalui sepeda motor, ungkapnya.

Pemukiman warga yang juga turut terkena semburan banjir, sesuai dengan fakta di lapangan, hal itu tidak begitu mengganggu, tetapi tetap saja menimbulkan dampak negatif bagi ketentraman dan kenyamanan masyarakat, ucap Kepala Desa Sikara-kara IV itu.

Dia berharap kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Madina, serta Koordinator Dinas Pendidikan Madina wilayah Pantai Barat, dan para pihak Sekolah yang memiliki murid atau pelajarnya dari Desa Sikara-kara IV agar dapat memakluminya ketika hari ini hingga banjir surut total nanti warganya masih libur sekolah, mengingat keadaan buruk yang sedang menimpa semua warga Desa ini, pinta kandar Iman.

Kepada Pemerintah Daerah Madina, Pemprovsu, serta Pemerintah Pusat agar sekiranya berupaya mencarikan solusi terbaik bagi masyarakat untuk mengatasi masalah banjir yang selalu menghantui warga ketika curah hujan tinggi dan meluapnya Sungai Bintuas di Sikara-kara IV, dampaknya akan menganggu kenyamanan serta putaran ekonomi masyarakat, pungkas Kandar Iman Siregar.(MAH)

Comments