Dirut PDAM Tirtanadi Paparkan Langkah Kekurangan Pasokan Air dan Keterbatasan Anggaran

sentralberita|Medan~Dalam rangka peningkatan peran Pemerintah Daerah dan PDAM untuk pemenuhan akses layanan dasar air minum bagi masyarakat perkotaan melalui program National Urban Water Supply Project (NUWSP), Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, mengadakan Workshop di Hotel Grandhika Jl. Dr. Mansyur Medan pada tanggal 16 – 19 Oktober 2019.

Workshop berskala nasional ini diikuti oleh beberapa pejabat Pemerintahan baik dari Kementrian Dalam Negeri, Kementrian PUPR, Ditjend Cipta Karya, BAPPENAS, BPPSPAM, World Bank dan pejabat pemerintahan Provinsi serta Kabupaten/Kota dan kalangan dunia usaha di bidang air bersih yang terdiri dari PDAM dari seluruh Indonesia.

Tampil sebagai narasumber dalam workshop itu diantaranya Dirjen Bina Bangda, Dr. Ir. Muh. Hudori, M.Si, Kasubdit Perkim SUPD II Nitta Rosalin, SE. MA, Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Direktorat Jendral Cipta Karya, Kementrian PUPR, Direktorat Keuangan Daerah Kemendagri dan Direktur Utama PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri yang memaparkan Best Practice Pengembangan SPAM di Provinsi Sumatera Utara khususnya Kota Medan.

Dirut PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri memaparkan tentang langkah-langkah yang diambil oleh PDAM Tirtanadi dalam mengatasi kekurangan pasokan produksi air minum dan keterbatasan anggaran PDAM maupun Pemerintah dalam menyediakan investasi untuk pembangunan infrastruktur air minum dengan melakukan kerjasama Bussiness to Bussiness dengan beberapa badan usaha swasta dengan pola Build Operate & Transfer (BOT) serta proaktif ikut dalam Program National Urban Water Supplay Project (NUWSP) dimana dalam program tersebut PDAM Tirtanadi akan mendapat dukungan dana lebih kurang Rp. 65 Milyar yang dapat menunjang perbaikan kinerja PDAM Tirtanadi kedepannya.

Selain melaksanakan workshop, juga dilakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Limau Manis dan PT Tirta Lyonnaise Medan di Tanjung Morawa. Kunjungan lapangan diikuti oleh seluruh peserta workshop pada Jumat (18/10/2019).

Rombongan disambut langsung oleh Dirut PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri didampingi Kepala Sekretaris Perusahaan Humarkar Ritonga, Kepala Litbang Abdi Sucipto, Kadiv. Transmisi Distribusi Muhri Fepri Iswanto, Kadiv Pengolahan Air Minum Andarianto, Kepala IPAM Limau Manis Astri Dariani dan General Manager IPAM TLM Kusitarini Trishanti.

Pada kunjungan lapangan tersebut, Trisno Sumantri juga menyampaikan rencana PDAM Tirtanadi untuk membangun museum air pertama di Indonesia dilokasi sekitar menara air PDAM Tirtanadi di Jl. S.M. Raja Medan dan memohon dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR agar rencana ini dapat segera dapat terealisasi.(SB/01)