Arisan Ikades Kecamatan Natal ke-32 Hadirkan Kacabjari Natal

sentralberita|Madina~Arisan Ikatan Kepala Desa (Ikades) se-Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Periode bulan oktober 2019 yang ke-32 bertempat di kediaman Kepala Desa Kampung Sawah Arianto, untuk pertama kalinya acara serupa tampil beda karena menghadirkan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Mandailing Natal di Natal Ardiansyah,SH.MH, telah berlangsung khidmat pada Minggu (6/10/2019).

Pertemuan rutin sekali sebulan oleh seluruh Kepala Desa di Kecamatan Natal ini dimulai dari pukul 15:20 Wib ini memang lain dari yang dari sebelumnya, diketahui sejak dibentuknya organisasi ini pada maret 2017 lalu.

Acara yang bersifat internal bagi Kepala Desa se-Kecamatan Natal ini dibuka oleh Muhammad Arifin Kepala Desa Suka Maju yang berlaku sebagai protokol, kemudian kata sambutan dari Ketua Ikades Kecamatan Natal Tasmil yang merupakan Kepala Desa Sundutan Tigo, yang dilanjutkan penyampaian materi sekaligus diskusi bersama Kacabjari Natal Ardiansyah,SH.MH seputaran aturan hukum dalam pengelolaan Dana Desa yang rentan dengan pelanggaran bila tak memahaminya, kemudian do’a sekaligus penutupan, dan makan bersama.

Hal itu telah dibenarkan oleh Tasmil selaku Ketua Ikades Kecamatan Natal yang dikonfirmasi sentralberita.com usai penutupan Arisan ini pada pukul 17:15 Wib sore itu.

Diakuinya, arisan kali ini tampil beda dengan mengundang pihak Eksternal, program tersebut merupakan kesepakatan bersama secara internal Ikades Kecamatan Natal, dan kegiatan itu akan terus dilakukan secara rutin kedepannya karena dianggap penting guna meningkatkan hubungan silahturahim, serta dinilai sangat bermanfaat bagi para Kepala Desa, ungkap Tasmil.

Untuk Arisan bulan depan, terang Kades Sundutan Tigo itu, periode Nopember 2019 sebagai yang ke-33 dilaksanakan di Desa Sikara-kara IV dengan menghadirkan Camat Natal Bapak Riplan,S.Sos, dan pada periode bulan berikutnya segenap jajaran Muspika Plus seperti Kapolsek Natal, Komandan Koramil-17 Natal akan turut dihadirkan dengan pertimbangan atas ketersediaan jadwal acara demi kemajuan Ikades ini, kata Kades Sundutan Tigo.

Ditambahkannya, “Terima Kasih kami ucapkan kepada Bapak Ardiansyah,SH,MH yang telah datang memenuhi undangan kami, serta atas dukungan dan tanggapan positif terkait acara ini, semoga koordinasi positif ini dapat terus ditingkatkan”, Pungkas Tasmil Ketua Ikades Natal yang Kedua ini.

Sementara itu Ardiansyah,SH,MH selaku Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Mandailing Natal di Natal yang diwawancarai Awak Media ini di ruang kerjanya usai Pertemuan bersama Ikades Natal pada sore itu, dia menerangkan, bahwa selaku salah seorang Pejabat Muspika Plus di Kecamatan Natal dan sebagai Pejabat Aparat Penegak Hukum, menilai kegiatan yang disponsori oleh Ikades Natal tersebut hanyalah secara positif, serta sangat mendukung sepanjang kegiatan tersebut, ucapnya.

Menurut Ardiansyah,SH,MH, kegiatan itu sangat bagus, selain dapat digunakan sebagai ruang diskusi untuk peningkatan wawasan bagi para Kepala Desa, juga bisa meminimalisir resiko kemungkinan terjadinya pelanggaran setelah dijelaskan tatanan aturan hukum terkait pengelolaan Dana Desa, dan untuk meningkatkan hubungan baik antara para Kepala Desa dengan jajaran Muspika Natal, katanya.

Disarankannya, arisan seperti ini mestinya menjadi contoh untuk dilaksanakan oleh seluruh Kepala Desa yang ada di seluruh Kecamatan wilayah Pantai Barat Kabupaten Mandailing Natal ini khususnya, sebab kegiatan seperti ini sangat banyak dampak positifnya, demi kemajuan berbeda, pungkas Kacabjari Natal itu.(SB/MAH)