Atlet Medan Berkontribusi Besar Bagi Kontingen Sumut Hadapi Pra kualifikasi PON 2020

Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, MH (4 kanan) didampingi   Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution MSi, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani, dan Forkopimda membuka Porkot Medan 2019 di Stadion Teladan, Sabtu (7/9) sore.

sentralberita|Medan~Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, MH membuka Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan ke-XI/2019 di Stadion Teladan Medan, Sabtu (7/9). Hasil ajang ini disiapkan untuk menjadi kontingen Sumatera Utara di PON 2024 mendatang.

Sebanyak 3.829 atlet dari 21 kecamatan Kota Medan tampil di ajang yang mempertandingkan 35 cabang olahraga, dan berlangsung hingga 14 September mendatang.

Turut hadir  Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution MSi, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani, dan Forkopimda serta OPD Kota Medan. 

“Saat ini kita fokus menyambut PON 2024 dengan Sumut dan Aceh bersama bertindak sebagai tuan rumah. Dengan niat tulus dan ikhlas, kita sukseskan penyelenggaraan Porkot Medanini dan sukses menjaring atlet terbaik Kota Medan,” tutur Eldin.

Wali Kota berharap, semangat olahraga terus digelorakan. Bahkan, dirinya inginkan jika tiap kelurahan di Kota Medan kiranya dapat disediakannya sarana dan prasarana olahraga bagi masyarakat.

Hal inilah menjadi penunjang bagi tiap kelurahan dan kecamatan dalam berkontribusi dalam menjaring atlet. “Jika ini dapat dilaksanakan, saya yakin Medan tidak ada kekurangan atlet dari seluruh cabor,” yakinnya.

Ia pun mengapresiasi penyelenggaraan Porkot kali ini yang digelar juga dalam rangka menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh tiap 9 September.

“Tahun ini pelaksanaan Porkot bertepatan Haornas, kiranya menambah semarak perayaan Haornas di Medan,” tambahnya.

Dipenghujung sambutan, Eldin pun berharap para atlet tak menjadikan kemenangan diajang ini ditempuh dengan berbagai cara tanpa mengedepankan sportifitas dan kejujuran.

“Seluruh atlet saya berharap lakukan upaya terbaik dan semaksimal mungkin. Kalah menang adalah hal biasa. Namun jangan biasakan kalah, nikmati setiap momen pertandingan. Junjung tinggi sportivitas semangat kekeluargaan di Porkot ini,”

Sedangkan Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis mengaku, jika atlet Medan berkontribusi besar bagi kontingen atlet Sumut yang kini tengah hadapi Pra kualifikasi PON. Kontingen Sumut di PON 2020 diyakininya didominasi altet Medan.

“Porkot ini hasilnya sangat nyata. Atlet Medan banyak yang lolos untuk PON 2020 Papua. Medan juga menunjukkan prestasinya di Porprovsu lalu,” puji John Lubis.

Hasil Porkot kali ini, katanya, menjadi cikal bakal saat Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah PON 2024. Hasil Porkot inilah menjadi pekerjaan KONI Medan dan pihaknya untuk melakukan pembinaan dan jadikan kekuatan bagi Sumut di PON 2024.

“Kedepannya kita bina jadikan kader atlet berprestasi menyongsong PON 2024. Jadilah andalan Kota Medan yang berprestasi,” tegasnya.


John menyebutkan, jika proses Pra kualifikasi PON telah dijalani beberapa cabor. November mendatang, cabor lainnya pun akan bersaing berebut tiket PON di Porwil Sumatera.

“Saat sekarang ini pra kualifikasi PON melalui kejurnas cabor mayoritas atlet berasal dari medan. Sudah 12 cabor selesai pra kualifikasi PON. Dan November 11 cabor lagi bersaing di Porwil Sumatera,” jelas John.

Ketua Umum KONI Medan, Eddy H Sibarani mengatakan Porkot Medan kali ini, adalah atlet lapisan kedua yang proyeksikan sebagai atlet yang masuk dalam kontingen Sumut dalam rangka PON 2024, yang mana Sumut dan Aceh sebagai tuan rumah.

 
“Karena atlet untuk PON 2020 yang merupakan lapisan pertama, disiapkan mewakili Sumut Pra PON maupun Porwil dan juga Kejurnas, serta SEA Games Philipina,” pungkasnya. (SB/01)

Comments