30 Hektare Lahan Gambut di Sei Kepayang Terbakar

sentralberita|Kisaran~Sedikitnya 30 Hektare Lahan Gambut yang berada di Desa Perbangunan Pasar XX Kecamatan Sei Kepayang terbakar yang mengakibatkan terjadinya pencemaran asap di seluruh wilayah Kabupaten Asahan.

Data yang berhasil dihimpun Sentralberita. com dari sumber Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan menyebutkan, berawal tanggal 17 September 2019 pihak Forkopimcam mendapat informasi di Pasar XX Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang ditemukan titik api yang sudah mulai menjalar. Bedasarkan Infornasi tersebut pihak Forkopimcam bekerjasama dengan masyarakat telah berusaha memadamkan asal titik api.

Namun upaya tersebut belum membuahkan hasil bahkan titik api mulai menjalar hingga perladangan warga,sehingga pihak Forkopimcam melaporkan ke pihak Pemerintah Kabupaten Asahan.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Asahan, H.Rahmad Hidayat Siregar, dalam rilis laporanya menyebutkan saat ini dilokasi sudah dilakukan upaya pemadaman dibeberapa titik api,namun pasca pemadaman lahan tersebut masih terasa panas dan berasap,dikhawatirkan lahan tersebut dapat terbakar kembali.

Dalam rilis tersebut,Hidayat menjelaskan, upaya pemadaman yang dilakukan Tim gabungan yang terdiri dari Personil BPBD Asahan,Personil Kodim 0208/AS,Personil Polres Asahan,Personil Sat Pol PP bidang Damkar Asahan serta Personil PT.IPS dimulai Senin (23/9/2019) sejak pukul 11.30.Wib yang langsung di hadiri Kapolres Asahan,Danlanal Tanjung Balai Asahan,Kasat Pol PP Asahan serta Camat Sei Kepayang.

Namun hingga pemadaman dihentikan sekitar pukul 17.30 Wib sore,dilokasi masih banyak ditemukan titik api terlihat.Pemadaman akan dilanjutkan esok hari,Selasa (24/9/2019) setelah apel Apel Gabungan di Polres Asahan.(SB/ZA).

Comments