Porkot Medan XI Pertandingkan 35 Cabor


Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani (tengah) memimpin rapat persiapan Porkot Medan 2019 di aula KONI Medan, Kamis (14/8).  

sentralberita|Medan~ Sebanyak 35 Pengcab Olahraga yang bernaung di bawah KONI Medan menyatakan kesiapan menggelar pertandingan pada gelaran Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XI Tahun 2019.

Hal itu dinyatakan para Ketua dan Sekretaris serta perwakilan dari 35 pengcab olahraga yang hadir dalam rapat persiapan Porkot Medan 2019 di Aula KONI Medan, Kamis (15/8) sore. Porkot Medan 2019 berlangsung 7 sampai 14 September dan  menjadi gelaran ke-11 beruntun yang digelar KONI Kota Medan sejak 2009.

Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani mengatakan, Porkot 2019 mempertandingkan 35 cabor dengan diikuti 3.892 atlet. “Tercatat 21 kontingen dari semua kecamatan di Kota Medan. 3.892 atlet ambil bagian dalam perhelatan ajang bergengsi ini. Jika ditambah pelatih dan ofisial, ada hampir 5.000 orang yang terlibat dalam kegiatan ini,” sebutnya kemarin usai mempimpin rapat persiapan bersama pengcab dan KONI Kecamatan.

Dikatakan, Porkot Medan kali ini menjadi strategis karena menjadi wadah awal untuk menjaring atlet-atlet Kota Medan dalam persiapan PON XXI tahun 2024 di mana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh.

“Saat Sumut menjadi tuan rumah bersama PON pada 2014, hendaknya kita juga sudah siap dan sukses sebagai penyelenggara dan juga sukses prestasi. Mulai tahun ini kita menjaring atlet, dan dalam empat lima tahun ke depan kita mempersiapkannya bersama KONI Sumut,” tutur Ketua Umum KONI Medan didampingi Sekum Ahmat Aswin Nasution ST dan Ketua PB Porkot Medan 2019 HT Daniel Mozard.

“Kita sudah harus bersiap menghadapi PON 2024 dari sekarang, dan hal itu dimulai sejak gelaran Porkot Medan 2019 ini sebagai seleksi awal. Karena atlet-atlet utama Kota Medan yang ada sekarang sudah bersiap mengikuti Pra PON 2020 bersama kontingen Sumut untuk mendapatkan tiket berlaga di PON XX yang berlangsung di Papua,” ungkap Eddy Sibarani.

Menurut Eddy, Porkot XI juga menjadi istimewa karena pelaksanaannya digelar bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada setiap 9 September.  “Ada banyak acara dan atraksi menarik disajikan pada hari pembukaan pada 7 September nanti untuk menghibur masyarakan yang datang langsung menyaksikannya di Stadion Teladan,” terangnya lagi.

“KONI Medan mengapresiasi semua pengcab dan kontingen peserta yang bertekad mensukseskan ajang multi event olahraga ini, karena sesuai harapan Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH yang ingin ajang kebanggaan Kota Medan ini sukses dan meriah. Pada rapat yang berlangsung Kamis tadi, telah dipaparkan tentang kesiapan pelaksanaan pertandingan, beserta acara pembukaan dan penutupan,” papar Eddy Sibarani.

“Sudah 10 kali secara beruntun setiap tahun digelar sejak 2009, untuk itu kita punya keharusan agar Porkot 2019 ini lebih sukses dari pelaksanaan yang sudah-sudah. Dan kami tidak ragu dengan komitmen pengcab dan KONI Kecamatan untuk hal ini.”(SB/01).