‘Hutan Kota’ Taufan Gama Diresmikan, H.Surya: RTH Miliki Peran Penting

sentralberita|Kisaran~Keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) memiliki peran penting dalam mengatasi permasalahan lingkungan di perkotaan dan dengan kurangnya RTH tersebut di wilayah perkotaan mempengaruhi kondisi kesehatan dan lingkungan hidup.

Indikasinya antara lain dengan rendahnya kualitas air tanah,tingginya polusi udara dan kebisingan di perkotaan,tingginya frekwensi bencana banjir dan tanah longsor karena terganggunya sistem tata air yang disebabkan karena terbatasnya daerah resapan air serta tingginya volume air permukaan (Run Off).

Kondisi tersebut secara ekonomis juga dapat menurunkan tingkat produktifitas serta tingkat kesehatan dan harapan hidup masyarakat secara sosial.

Hal itu dikatakan Plt.Bupati Asahan H.Surya,Bsc saat meresmikan Hutan KotaTaufan Gama Simatupang,Minggu (25/8/2019) bertempat di lapangan Hutan Kota Kisaran.

Peresmian Hutan Kota Taufan Gama Simatupang tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan Plt.Bupati Asahan bersama Istri Almarhum Drs.Taufan Gama Simatupang,MAP.

Kegiatan tersebut turut dihadiri,unsur Forkopimda,OPD,Camat Se Kabupaten Asahan,Plt.Ketua TP.PKK Asahan serta Keluarga besar Almarhum Drs.Taufan Gama Simatupang.

Armen Simatupang yang juga Abang kandung dari mantan Bupati Asahan Drs.Taufan Gama Simatupang yang mewakili keluarga dalam sambutannya mengatakan rasa sukur dan terima kasih karena Pemerintah Kabupaten Asahan masih memberi penghargaan kepada almarhum adiknya.

“Kami ucapkan terima kasih atas penghargaan yang tag diberikan kepada adik kami dan kami berharap pembangunan hutan kota Taufan Gama Simatupang ini terus berlanjut sehingga masyarakat dapat menikmati fasilitasnya “ujar Armen.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Asahan,T.Huzaifah,S.Sos dalam laporannya mengatakan,pada tahun 2010 Alm.Drs.Taufan Gama Simatupang menggagas dan menyusun pembangunan ruang terbuka hijau dalam suatu hamparan di wilayah kota Kisaran dengan lokasi yang di sepakati Eks HGU PT.BSP Kisaran yang terletak di Kelurahan Mekar Baru Kecamatan Kisaran Barat dwngan luas 19,40 Ha yang terdiri dari 4,57 Ha lokasi Mesjid Agung,4,83 Ha lokasi alun-alun dan 10 Ha untuk lokasi Hutan Kota.

Menurut T.Huzaifah pembangunan Hutan kota tersebut secara bertahap yang di mulai sejak Tahun Anggaran (TA) 2011,2012,2013,2015,2016,2017,2018 serta TA 2019.

“Untuk tahun anggaran 2019 ini proyek yang dikucurkan adalah lanjutan pembangunan huta kota,perawatan hutan kota serta pembangunan play ground anak-abak serta paving blok.”terang T.Huzaifah.(SB/ZA)

Comments