Harga Cabe Merah Terus Melonjak


Harga Cabe Merah Terus Melonjak

sentralberita|Medan~Harga cabai terus berfluktuasi, namun cenderung mengalami kenaikan, bahkanmakasih melonjak didi posisi Rp90.000 per kg, sehari jelang Hari Raya Idul Adha.

Menurut Gunawan Benjamin, pengamat ekonomi Sumut kepada sentralberita.com di Medan Sabtu (10/8), kenaikan harga cabai terjadi saat harganya sudah mahal. Level harga cabai yang naik sampai Rp90.000 per kg ini memperburuk harga cabai itu sendiri.

“Harga cabai menjelang Idul Adha ini sekaligus menghantui kinerja inflasi di Sumut di bulan Agustus. Ditambah lagi di bulan ini masih ada perayaan hari besar lainnya seperti peringatan kemerdekaan RI yang bisa kembali membuat harga cabai meroket.

Harga cabai rawit juga demikian, mengalami kenaikan yang signifikan saat ini dijual di kisaran harga Rp80.000 an per kg. Harga cabai kecil ini hampir sama dengan harga cabai merah.

“Kenaikan beragam harga cabai ini memang tidak selalu seirama. Akan tetapi satu dan yang lainnya kerap mempengaruhi,” ungkap Gunawan.

Permintaan yang mengalami kenaikan menjelang idul adha menjadi salah satu pemicu meroketnya harga cabai saat ini. Dan bisa dipastikan kenaikan harga tersebut juga dipengaruhi oleh sisi persediaan yang tidak mengalami perubahan. Jika harga cabai bertahan di kisaran Rp90.000 an hingga akhir bulan, maka inflasi akan kembali meroket diatas 1 persen.

Sementara itu, tren perkembangan harga daging sapi tidak mengalami perubahan yang signifikan. Ditengah permintaan yang cukup tinggi, harga daging sapi sejauh ini masih stabil di kisaran Rp110.000 hingga Rp120.000 per kg nya. (SB/wie)

Comments