314 Siswa Madrasah Ikuti KSM Sumut 2019

Sentralberita|Medan ~ Sebanyak 314 siswa siswi madrasah mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Sumatera Utara 2019. Kompetisi ini sekaligus menjadi ajang seleksi duta Sumut, untuk mengikuti KSM tingkat nasional di Manado, pada September 2019 mendatang.

Pembukaan yang dilaksanakan di Asrama Haji Medan ini, nantinya akan berlangsung mulai tanggal 14-15 Agustus 2019. Untuk test kompetisi jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan dilaksanakan di MTSN 2 Medan, test kompetisi jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTS) di MAN 1 Medan. Sedangkan, test jenjang Madrasah Aliyah (MA) di MAN 2 Model.

“Pesertanya yang mengikuti KSM ini, MI 60 peserta se Sumut, MTS 92 peserta se Sumut dan MA 162 peserta se Sumut,” ungkap Ketua Panitia, Nursyamsiah, Rabu (14/8).

Dia melanjutkan, nantinya mata pelajaran yang di kompetisikan diantaranya, IPA dan Matematika tingkat MI. Kemudian, Matematikan IPA dan IPS terpadu terintegrasi nilai ke islaman tingkat MTS dan Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi dan Ekonomi yang terintegrasi nilai keislaman tingkat MA.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumut, H Iwan Zulhami selain meraih prestasi, dia berharap kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi antar Kakan Kemenag Kabupaten/kota.

“KSM tahun 2015 Sumatera Utara pernah meraih 3 emas dari 11 cabang. Untuk tahun ini, sudah saya sampaikan kepada Kabid dan Kepala Madrasah, kita target 5 emas pada KSM di Manado,” ujar Iwan.

Pada KSM ini, Iwan optimis duta Sumut nantinya akan mampu meraih target 5 emas dari 9 cabang yang di perlombakan pada KSM di Manado.

“Persiapan sudah matang, mulai dari pembimbingan oleh LOPI (Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia), hingga mengarantina para siswa,” tandasnya.

Pada pembukaan KSM Sumut, turut dihadiri oleh perwakilan Kapolda Sumut dan perwakilan Gubernur Sumut. Selain itu, turut juga dihadiri oleh seluruh Kakan Kemenag Kabupaten/kota.

Pembukaan ini kemudian ditutup dengan pelepasan balon ke udara oleh Kakanwil Kemenag Sumut, H Iwan Zulhami.

(SB|01)

Comments