Lebih 20 Orang Jamaah Calon Haji di Sumut Gagal Berangkat

sentralberita|Medan~Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumut mengungkapkan lebih dari 20 orang jamaah calon haji asal Sumut yang dipastikan gagal berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini. Alasan gagalnya puluhan jamaah calon haji berangkat itu bervariasi.

Kasubag Dokumen Bidang Haji Kanwil Kemenag Sumut, Eri Nofa mengatakan hingga hari ini ada beberapa laporan yang mereka terima sekaitan dengan jamaah calon haji yang gagal berangkat sebelum masuk asrama haji. Laporan itu kata Eri berasal dari Kabupaten/Kota seperti Madina dan Padangsidempuan.

“Ada juga dari daerah lain dan sampai hari ini yang menunda atau gagal berangkat ada sekita 20 ke 30 orang,” ucap Eri saat ditemui di Asrama Haji Medan, Rabu (10/7).

Kasubag Dokumen Bidang Haji Kanwil Kemenag Sumut, Eri Nofa mengungkapkan adapun alasan gagalnya keberangkatan para jamaah calon haji itu bervariasi. Ada yang sakit, hingga minta ditunda untuk menunggu mahramnya pada pelaksanaan haji tahun depan.

“Ada yang sakit, ada yang meninggal dan ada yang menunggu mahramnya untuk ditunda tahun depan,” urai Eri.

Sementara untuk persoalan visa dan paspor, sejauh ini lanjut Eri Nofa tidak ada kendala yang berarti. Saat ini, Kemenag Sumut sudah merampungkan paspor dan visa untuk 6 kloter.

“Sisanya, kita sudah kirim tim ke Jakarta untuk menunggu sisa kloter lainnya. Mudah-mudahan saja untuk satu minggu kedepan, seluruh paspor dan visa sudah final. Kita doakan,”tukasnya.

Perlu diketahui, embarkasi Medan pada musim haji tahun 1440 Hijriah atau tahun 2019 ini akan memberangkatkan 8466 calon jemaah haji, termasuk petugas kloter. Mereka tersebar di 22 kelompok terbang dan setiap kloter terdiri 393 orang jemaah.

Untuk kloter pertama,jemaah adalah asal kota Medan, masuk asrama haji pada tanggal 11 Juli dan kelompok terbang pertama akan dilepas keberangkatan menuju Madinah Arab Saudi pada 12 Juli malam hari.
(SB/Nindi)

Comments