Kunjungan Wisatawan RI Ke Malaysia Meningkat



sentralberita|Medan~Memasuki kuartal kedua tahun 2019, Tourism Malaysia mencatat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari Indonesia sebesar 17,7 persen mencapai 298,641 wisatawan.

Hal ini disampaikan Direktur Tourism Malaysia Medan, Azhari Haron kepada wartawan Kamis (11/7), menjelang berakhirnya tugas Azhar selaku Direktur Tourism Malaysia di Medan.

“Jika dibandingkan jumlah kunjungan di bulan Maret kunjungan di bulan April menurun sebesar 4,4 persen. Namun meningkat sebesar 17,7 persen jika membandingkan secara year on year (April to April)”, ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa secara year to date (Januari hingga April) jumlah kunjungan wisatawan Indonesia tahun 2019 juga meningkat sebesar 17,3 persen mencapai 1,223,557 wisatawan. Ia berharap tingkat kunjungan ke Malaysia stabil dan bahkan bisa terus meningkat, apalagi maskapai AirAsia telah membuka kembali rute penerbangan Silangit-Kul-Silangit.

‘Azhari mengaku puas selama 3 tahun lebih bertugas di Medan, Ia dapat melihat dan merasakan langsung peningkatan kunjungan warga Sumatera ke Malaysia. Jumlah seat capacity (direct flight) semasa ia menjabat di Medan memang mengalami up and down, namun menurutnya jumlah seat capacity selama 3 tahun lebih ini ada peningkatan lebih kurang 20 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Saat ini seat capacity seluruh wilayah Sumatera lebih kurang 33,448 seat/minggu, terdiri dari Medan sebanyak 20,481 seat/minggu ke KL dan Penang dilayani oleh maskapai AirAsia, Malaysia Airlines, Lion Air, dan Batik Air. Banda Aceh sebanyak 4,356 seats/minggu oleh maskapai AirAsia, Malindo Air, dan Firefly ke KL dan Penang. Padang sebanyak 3,780 seats/minggu oleh maskapai AirAsia. Pekanbaru sebanyak 3,031 seats/minggu oleh ke KL dan Melaka oleh maskapai AirAsia dan Malindo Air. Palembang sebanyak 1,800 seats/minggu ke KL oleh maskapai AirAsia.

Di penghujung masa tugasnya yang akan berakhir pada 12 Juli 2019, Azhari menyampaikan rasa terima kasihnya kepada teman-teman media, travel agent, airlines, dan industri-industri yang selama ini telah banyak mendukung dan memberikan feedback yang positif terhadap citra atau imej pelancongan Malaysia di Indonesia khususnya Sumatera.

“Saya berharap kita bisa berjumpa di lain kesempatan. Jangan lupa hubungi saya kalau jalan-jalan ke Malaysia. Saya treat makan durian,” ujarnya saat meresmikan peresmian Penang Food Promotion di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan pada 5 Juli 2019.(SB/wie)

Comments