Kafilah Sumut Diberi Tali Asih

sentralberita|Medan~ Kepulangan rombongan Kafilah Sumatera Utara (Sumut) usai mengikuti Seleksi Tilawatil Quran Nasional (STQN) XXV tahun 2019 di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), disambut istimewa, mulai dari Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, diarak keliling Kota Medan, dijamu di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan dan diberi bonus atau tali asih dengan total Rp550 juga dari Pemerintah Provinsi Sumut, Sabtu (6/7).

Hal itu dilakukan sebagai wujud penghargaan dan apresiasi Pemprov Sumut terhadap kafilah yang berhasil mengharumkan nama Sumut dengan meraih peringkat ketiga nasional di ajang STQN XXV Kalbar. “Pada STQN XXIV di Kota Tarakan kita hanya mampu duduk diperingkat 6, ini adalah prestasi awal Bapak Gubernur untuk mewujudkan Sumut Bermartabat, dengan masyarakat yang memiliki iman dan taqwa adalah langkah awal mewujudkan Sumut Bermartabat,” ujar Asisten Pemerintahan Jumsadi Damanik, mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ketika menyambut kedatangan Kafilah di Rumas Dinas Gubernur.

Peserta asal Sumut yang berhasil meraih juara STQN XXV adalah M Hanafi Nasution kategori tilawah anak putera meraih juara 1, Nurjannah kategori tilawah dewasa puteri juara 3, Aqsal Z Rafsanjani Hasibuan kategori tahfiz 1 juz dan tilawah putera juara 2, Habiburahman kategori tahfiz 5 juz dan tilawah putera juara harapan 1, Istiqomah kategori tahfiz 30 juz puteri juara 2, Khairani kategori hapalan 100 hadis dengan sanad puteri juara 3, M Hidayatullah Perkasa Alam kategori cabang hapalan 500 hadis tanpa sanad putera juara 1, dan Meri Rahma Dani kategori hapalan 500 hadis tanpa sanad puteri juara 2.

Kepada para juara, Pemprov Sumut memberikan tali asih dengan total Rp550 juta. Masing-masing untuk kafilah Juara 1 menerima Rp100 juta, Juara 2 mendapat Rp75 juta, dan Juara 3 sebesar Rp50 juta. Mewakili Gubernur, Jumsadi menyerahkan langsung tali asih tersebut langsung kepada para kafilah.

Turut hadir Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sumut Fuad Helmi Lubis, Ketua Kafilah Provinsi Sumut Palit Muda Harahap, Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, dan Pemberdayaan Masyarakat Setdaprovsu Asren Nasution, dan Kepala Dinas Perhubungan Sumut Abdul Haris Lubis.

Fuad Helmi mengucap syukur karena semua kontigen telah sampai dengan selamat. “Alhamdullillah semua bisa sampai dengan selamat dan sehat wal afiat, kita pun berangkat dengan nyali pulang membawa mendali, ini semua berkat dukungan dari bapak Gubernur Sumatera Utara,” terangnya.

Selanjutnya ia pun menyampaikan kemenangan ini amat penting untuk persiapan MTQ Nasional tahun depan. “Dengan menduduki posisi tiga besar ini menjadi modal untuk tahun depan Sumut akan mengikuti MTQ Nasional di Sumatera Barat,” tambahnya.

Disambut istimewa

Kepulangan para kafilah mendapat sambutan istimewa. Tiba di Bandara Kualanamu, kafilah disambut Ketua LPTQ Sumut Fuad Helmi Lubis Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, dan Pemberdayaan Masyarakat Setdaprovsu Asren Nasution, dan Kepala Dinas Perhubungan Sumut Abdul Haris Lubis.

“Selamat datang kembali para kafilah yang kami banggakan,” ujar Ketua LPTQ Sumut Fuad Helmi Lubis sembari melakukan pengalungan bunga kepada Ketua Kafilah Provinsi Sumut Palit Muda Harahap, pendamping, dan para qori dan qoriah yang tampak mengenakan seragam Teluk Belangan berwarna kuning di Bandara Kualanamu.

Rombongan kafilah kemudian melanjutkan perjalanan menuju Masjid Mussanif di Jalan Cemara. Dari Masjid Mussanif, para Kafilah diarak keliling Kota Medan. Rombongan kafilah melewati ruas Jalan Cemara, Jalan Wiliam Iskandar, Jalan Prof M Yamin, Stasiun Kereta Api Jalan Imam Bonjol dan tujuan akhir Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jend Sudirman.

Di Rumah Dinas Gubernur, iringan marhaban bergema seraya menyambut kedatangan para kafilah. Para orang tua yang sudah menanti pun melihat dengan seksama setiap orang yang turun, hingga tangis para orang tua pecah menyambut kedatangan anak-anak mereka di depan pintu Rumah Dinas Gubernur. Mereka juga dijamu makan bersama oleh Asisten Pemerintahan Jumsadi Damanik, mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Para kafilah mengaku sangat gembira dan penuh haru mendapat sambutan yang sangat istimewa. Apalagi, mereka tidak menyangka adanya penyambutan yang istimewa tersebut. “Tak sangka seperti ini kita disambutnya,” ucap Hanafi, salah satu kafilah asal Sumut yang berhasil meraih juara di STQN XXV Kalbar. (SB/01)

Comments