PKK Sumut Juara Umum Lomba HKG PKK Tingkat Nasional


Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut berhasil meraih Juara Umum Nasional pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Nasional ke 47 tahun 2019, Kamis (25/7), di RTH Imam Bonjol, Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Piala bergilir diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selaku Pembina PKK Pusat kepada Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi. (Humas Sumut/Alex)

sentralberita|Padang~Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berhasil meraih Juara Umum Nasional pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Nasional ke 47 tahun 2019, Kamis (25/7), di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol, Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Piala bergilir Juara Umum Nasional diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selaku Pembina PKK Pusat kepada Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi, serta disaksikan Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan, Gubenur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno dan Ketua TP PKK Sumbar Nevi Zuairina Irwan Prayitno.

Disebutkan, penghargaan juara umum tersebut diraih karena Sumut merupakan provinsi dengan TP PKK terbanyak yang meraih penghargaan pada lomba HKG PKK. Ada lima penghargaan yang disabet oleh Sumut yakni, Pakarti Utama I pelaksana terbaik Tertib Administrasi PKK oleh Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. Pakarti Utama I pelaksana terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK oleh Kelurahan Padang Merbau, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebingtinggi. Pakarti Utama II pelaksana terbaik Pemanfaatan Halaman Pekarangan (HATINYA) PKK oleh Desa Sayur Maincat, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal. Pakarti Utama II pelaksana terbaik Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test PKK oleh Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, serta Pakarti Madya III pelaksana terbaik Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) PKK oleh Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.

Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi menyebutkan, hari ini merupakan hari yang bersejarah tidak hanya bagi TP PKK Sumut tetapi juga Provinsi Sumut pada umumnya. “Karena ini merupakan pertama kalinya kita PKK Sumut memperolah juara umum, sekaligus baru pertama kalinya Sumut menjadi provinsi pertama di luar Jawa yang memenangkan gelar juara umum pada HKG PKK tingkat nasional,” ujarnya, usai menerima penghargaan.

Nawal mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh PKK kelurahan/desa, kabupaten/kota se-Sumut yang telah bekerja keras. Baginya, penghargaan yang diperoleh hari ini adalah berkat semangat dan usaha maksimal yang ditampilkan seluruh anggota PKK.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus memberikan usaha-usaha yang terbaik dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan keluarga Sumut. Cita-cita kita mewujudkan Sumut Bermartabat, kita mulai dengan menciptakan keluarga yang berkualitas,” ucapnya.

Dirinya juga memberikan pesan penyemangat bagi TP PKK di Sumut lainnya yang belum berhasil meraih penghargaan. “Jangan berkecil hati, tetap berusaha. Penghargaan itu bonus, yang lebih penting adalah usaha yang tiada henti meningkatkan kualitas keluarga di Sumut,” katanya.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo diawal sambutannya mengucapkan selamat kepada Provinsi Sumut serta seluruh rombongan yang telah berhasil meraih juara umum. Kaum ibu, katanya, memiliki peran yang besar dan penting dalam mendukung pembangunan daerah dan pusat. “Untuk itu, saya berharap para ibu PKK senantiasa melanjutkan upaya-upaya penyejahteraan keluarga di lingkungan masing-masing, dan bersinergi dengan semua pihak atau perangkat daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa tema HKG PKK yang dihadiri oleh 3000 lebih undangan ini adalah “PKK Bekerja, Keluarga Indonesia Sejahtera”. Maksudnya, kata Erni, PKK hadir dan berkiprah untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup keluarga di seluruh pelosok nusantara.

HKG PKK ke-47 dilaksanakan sejak tanggal 24 – 27 Juli 2019. Diawali dengan penyambutan kedatangan TP PKK dari seluruh Indonesia dan pembukaan pameran UP2K PKK pada Rabu (23/7), HKG akan diisi dengan beragam rangkaian kegiatan, seperti Fashion Show PKK dengan baju adat, Makan Bajamba tradisi Padang, Seminar Nasional, Festival Memasak Rendang, Lomba Kesenian dan Peran, Hiburan, serta Wisata.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta PKK dari seluruh Indonesia. Dirinya merasa terhormat dan bangga Sumbar bisa menjadi tuan rumah untuk event nasional tersebut. “Semoga betah selama di sini, jangan lupa beli oleh-oleh sebanyak-banyaknya,” ujarnya sambil bergurau.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BKKBN Pusat Hasto Wardoyo, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Wakil Ketua TP PKK Sumbar Wartawati Nasrul Abit, unsur Forkopimda dan OPD Sumbar, seluruh Ketua dan perwakilan TP PKK dari seluruh Indonesia.(SB/01).


Comments