Raih Emas, Tim sepak bola Asahan Cetak Sejarah

sentralberita|edan~Tim sepak bola Asahan untuk pertama kalinya sukses meraih emas cabang olahraga sepak bola Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprov Sumut) 2019. Kemenangan 2-0 atas Dairi di Stadion Mini USU, Rabu (26/6) cukup untuk memboyong emas.

Pada laga itu Asahan tampil full team. Mengandalkan Andriansyah, Rama Setiawan dan Faisal di depan, mereka langsung menggempur pertahanan Dairi. Hasilnya menit ke-24, Asahan membuka keunggulan lewat Rama Setiawan.

Rama Setiawan kembali menjadi momok bagi pertahanan Dairi. Berselang tujuh menit, Rama kembali membobol gawang Dairi. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Dairi coba memberi perlawanan. Beberapa peluang mereka ciptakan, namun belum mampu menggetarkan jala Asahan yang dikawal Raja Khatulistiwa. Asahan juga masih berupaya mencetak gol tambahan. Namun berbagai peluang emas gagal berbuah gol. Skor 2-0 pun menjadi hasil akhir laga.

Dengan kemenangan ini Asahan mengoleksi 10 poin hasil dari tiga kemenangan dan satu hasil imbang. Sebelumnya mereka menumbangkan Medan (2-1), Labura (4-0) dan ditahan imbang Binjai (0-0).

Sementara Medan berada di urutan kedua dengan koleksi enam poin. Mereka akan berebut perak dengan Labura di tempat ketiga dengan koleksi empat poin. Labura meraih kemenangan 5-2 atas Binjai di Stadion Mini USU, Rabu (26/6). Keduanya akan bentrok Jumat (28/6). Sebelumnya Porprov Sumut cabang sepak bola ini diikuti lima tim dengan sistem kompetisi.

Kemenangan ini sangat disyukuri seluruh awak tim Asahan. Pelatih Asahan Abdul Rahman Marasebessy mengatakan anak asuhnya bermain sesuai instruksi. “Anak-anak main maksimal dan menjalankan strategi dengan baik. Sangat puas dengan capaian ini karena memang kami menargetkan emas,” kata Marasebessy.

Sementara itu Ketua KONI Asahan Nur Karim Nehe mengapresiasi capaian positif tim sepak bola Asahan. “Ini sejarah bagi Asahan. Untuk pertama kalinya kami meraih emas sepak bola. Mudah-mudahan kami juga bisa mendulang emas dari cabor-cabor lain,” kata Nehe.

Sementara itu Ketua Askot PSSI Asahan, Armen Margolang SP, mengaku bersyukur tim sepakbola binaannya membuat sejarah baru menjuarai Porprov Sumut 2019. Ini membuktikan pembinaan sepakbola di Asahan berjalan dengan baik dengan melahirkan pemain-pemain berkualitas.

“Dengan sejumlah prestasi yang sudah diraih, Asahan membuktikan sebagai daerah yang paling sukses melakukan pembinaan sepakbola di Sumut. Sebelumnya Asahan menjuarai Piala Soeratin U-15 Provinsi Sumut tahun 2018 dan menjadi juara di tingkat Nasional,” ujar Armen.

Sebelumnya Sepakbola Asahan juga mengukir prestasi internasional dengan menjuarai turnamen Singa Cup tahun 2017 di Singapura dan runner-up turnamen internasional di Barcelona. “Sejumlah prestasi itu tentu tidak terlepas dari peran dan dukungan berbagai pihak, khususnya pelatih maupun pembina SSB dan klub sepakbola di Asahan yang sudah melakukan pembinaan pemain. Dalam hal ini Askab PSSI Asahan mengucapkan terima kasih,” ucap Armen.(SB/01)

Klasemen sementara cabor sepak bola

  1. Asahan 4 3 1 0 8-1 10
  2. Medan 3 2 0 1 11-3 6
  3. Labura 3 1 1 1 6-7 4
  4. Binjai 3 0 1 2 2-6 1
  5. Dairi 3 0 1 2 2-12 1

Comments