Porprovsu Dibuka, Gubsu: Buat Apa Menang dengan Cara Tidak Hormat

sentralberita|Medan~ Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) dibuka Gubernur Sumatera Utara diwakili Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Sabtu (22/6) pagi di Astaka Jalan Pancing Medan.

Dalam sambutannya Gubsu mengharapkan agar penyelenggaraan Porprovsu tidak hanya sebaga agenda runitas semata tapi harus menjadi tidak lanjut pembiaan olahraga yang dselenggarakan secara konsesekuen dan konsinten.

“Mari kita bersatu padu dengan semangat tinggi kuat berlatih pantang menyerah dan terus maju berjuang melakukan perubahan untuk mencapai kejayaan di setiap pertandingan PON tahun 2020 di Papua dan terkhusus kejayaan ketika kita menjadi tuan rumah PON ke-21 tahun 2024 yang akan datang,”ujar Gubsu.

Event Porprovsu dimaksudkan sebgai wujut di sumut dan kabupaten/kota untuk pembinaan berprestasi. Karenanya kita berharap even 2019 ini sukses dalam pelaksanaan dan prestasi dan sukses dalam pemberdayaan potensi pemberdayaan Sumut dalam rangka membina dan mengembangan serta memajukan olahraga di Sumatera Utara.

Selanjutnya, Gubsu menyampaikan kepada Para atlet harus jujur. Kita hidup harus jujur, buat apa menang dengan cara tidak hormat.Jangan sampai nanti diikuti anak-anak generasi penerus kita bahwa hidup boleh sukses namun dengan cara-cara tidak jujur.

Salah satu bentuk ketidak kejujuran itu menurut Gubsu, adalah fenomena mutasi atlet besar-besar demi memburu medali yang senantiasa terulang setiap edisi pekan olah olah raga baik PON dan Porprov, harus dihentikan dengan perubahan paradigma.

Untuk itu diingatkannya, Porprovsu harus didijadikan komppetensi yang mengandadalkan potens-potensi real di setiap kabupaten/kota di Sumut.

“lebih baik apa adanya jika memang potnsi tidak bagus, kita harus melahirkan bibit bagus yang bersasarka talenskoting dengan mencari bibit-bibit cabang olahraganya masing-masing di kabupaten/kota.

Di akhir sambutannya Gubsu mengatakan, Porprovsu yang dilaksanakan merupakan cikal bakal atlet unggulan Sumatera Utara.Karena katanya, semua pihak yang terlibat khususnya kepada wasit dan juri agar jujur memimpin pertandingan.

“Jadilah wasit yang sesungguhnya, tunjukkan bahwa kita orang yang jurjur, supaya anak-anak kita bertanding dengan soprtif meraih prestasi. Mudah-mudahan Porprovsi menjadi awal kebaikan prestasi Sumut dan menjadi amal kebaikan di bidang olah raga,ujarnya.

Sementara itu Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis memberikan motivasi kepada atlet agar bertanding semaksimal mungkin untuk mengharumkan nama daerahnya.

“Kepada seluruh peserta kami sampaikan selamat bertanding.Kami harapkan para atlet nantinya bisa menembus ke PON. Nantinya Gubernur Sumut berjanji akan berkeliling ke venue-venue untuk memantau prestasi atlet. Terima kasih kepada kabupaten/kota yang sudah membiayai atletnya bertanding di ajang ini,” kata John.

Sementara Wakil Ketua PB Porprov Sumut Prof Agung Sunarno melaporkan ajang ini diikuti 30 kabupaten/kota dengan total 1948 atlet, 462 ofisial, dan 817 medali. Para atlet telah disiapkan akomodasinya di 21 hotel kota Medan

Sebelumnya Ketua KONI juga mengharapkan Porprovsu bukan sekadar event rutinitas empat tahunan, tapi melalui event inilah Sumut menjaring atlet-atlet terbaiknya untuk diturunkan di Kejurnas/Pra PON 2019 menghadapi PON XX/2020 di Papua.

“Bagi atlet yang belum berhasil juga jangan putus asa, sebab kita akan melakukan pembinaan jangka panjang menghadapi PON XXI/2024 yang Insha Allah digelar di Sumut dan Aceh, ” tambah John

Ketua PB Porprovsu Sakiruddin mennyampaikan 2415 atlet dan official peserta Porprovsu sejak Jumat pagi hingga malam sudah tiba di Medan.Peserta diinapkan sesuai cabang olahraga masing-masing di 21 hotel di Medan.(SB/01)

Comments