Asahan Dekati Gelar Juara Sepakbola Porprovsu 2019

     Sentralberita|MEDAN ~ Asahan memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara cabor sepakbola Porprovsu 2019 setelah pada pertandingan ketiga mengungguli Labura dengan skor 4-0 di Stadion Mini USU, Selasa (25/6).
         Tambahan tiga poin membuat tim asuhan pelatih Abdul Rahman Marasabessy sudah mengemas 7 poin hasil dua kali menang dan sekali seri. Asahan tinggal menghadapi laga penentu juara melawan Dairi pada Rabu (26/6) sore.
        Tampil pada pertandingan pagi, Asahan awalnya mendapat perlawanan berimbang anak-anak Labura yang dipimpin kapten tim Hardiansyah Putra. Namun perlahan Asahan mampu membaca permainan tim asuhan pelatih Sukimin untuk mulai menguasai permainan.
        Asahan yang penampilannya disaksikan Ketua KONI Asahan Nurkarim Nehe dan Ketua Kontingen Anda S Rambe akhirnya mampu memanfaatkan dominasinya dalam melakukan serangan dengan mencetak gol pembuka disumbangkan Faisal di menit 22 memanfaatkan kemelut di depan gawang. 1-0 Asahan memimpin.
         Unggul satu gol membuat Enlarefo Bilvan Lis Siregar cs semakin tampil percaya diri. Pertahanan Labura yang digalang Dheko Azmi P Tanjung, Hardiansyah Putra, dan Rival Rinaldi Tambunan selalu dibuat repot Rio Saputra Damanik dan kawan-kawan.
        Terus mendapat tekanan, gawang Labura yang dikawal Hafiz Andrian kembali bobol di menit 32. Gol kedua Asahan kembali dicetak Faisal. Walau mendapat kawalan dua pemain, Faisal mampu melepas tendangan keras dari luar kotak penalti dan bola menyarang di sudut kiri gawang Labura.
        Labura sendiri memiliki beberapa peluang emas, di antara melalui dua percobaan tendangan bebas tipis dari luar kotak penalti. Namun peluang tersebut belum mampu dimaksimalkan. Peluang emas lainnya didapat Boy Sandi. Namun bola hasil tendangan kerasnya masih mampu diamankan kiper Asahan, Raja Margolang. Skor 2-0 bertahan di babak pertama.
       Babak kedua, permainan terbuka kembali ditampilkan kedua tim. Labura lebih berani menyerang untuk mengejar defisit dua gol. Beberapa kali Reza Saputra Siregar cs mampu meringsek ke arena penalti lawan. Namun pertahanan Asahan masih sulit ditaklukkan.
        Asahan yang belum puas dengan dua gol kembali memperbesar keunggulan lewat aksi individu Rama Setiawan di menit 72. Rama yang menggiring bola terus menerobos kotak penalti tanpa mampu dihentikan pemain lawan sebelum akhirnya melepas tendangan keras ke gawang. 3-0 Asahan memimpin.
        Labura nyaris memperkecil ketertinggalan lewat eksekusi tendangan bebas Hardiansyah Putra. Namun bola hasil tendangan keras Hardi yang meluncur ke gawang Asahan mampu ditepis kiper Raja Margolang yang tampil gemilang mengamankan gawangnya.
        Asahan mencetak gol keempat disumbangkan Enlarefo Siregar lewat eksekusi penalti setelah pemain Labura melakukan pelanggaran keras di arena penalti. Skor 4-0 bertahan hingga laga berakhir dan Asahan semakin kokoh di puncak klasemen sementara.
       Sukses Asahan mengamankan poin penuh disambut gembira Ketua KONI Asahan Nurkarim Nehe. “Terima kasih kepada semua pemain sudah berjuang maksimal. Tetap fokus pada laga terakhir, walau diunggulkan, jangan pernah remehkan lawan. Kalau mau juara jangan anggap enteng lawan,” pesan Nehe.
          Pelatih Asahan, Abdul Rahman Marasabessy mengaku lega timnya mampu mengalahkan Labura. “Ini sebenarnya laga penentu, karena kalau mau juara kita harus menang lawan Labura. Di laga terakhir kita jumpa Dairi. Kami diunggulkan, tapi saya sudah ingatkan pemain jangan anggap enteng lawan. Terget kami sejak awal medali emas, jadi harus berjuang maksimal,” ucap Bessy.
        Pertandingan kedua yang berlangsung sore, Medan berhasil mengalahkan Binjai dengan skor 1-0. Gol tunggal Medan dicetak Tiyo Aditya lewat titik penalti. Dengan demikian Medan menduduki posisi kedua klasemen sementara dengan 6 poin disusul Binjai, Labura dan Dairi meraih satu poin.
Untuk bisa menjadi juara, Medan wajib menang atas Labura di laga terakhir dengan catatan Asahan kalah atau hanya bermain seri dengan Dairi. Namun di atas kertas, Asahan lebih berpeluang juara karena menghadapi Dairi yang di laga sebelumnya ditaklukkan Medan dengan skor 9-1. Medan sendiri dikalahkan Asahan dengan skor 1-2. ( )

Klasemen Sementara

Asahan    3 2 1 0    6-0   7
Medan     3 2 0 1    11-3  6
Binjai       2  0 1 1   0-1   1
Labura     2 0 1 1    1-5    1
Dairi         2  0 1 1   2-10  1

(SB|01)

Comments