217 Atlet Silat Bertarung di Porprovsu

Sentralberita|Medan ~ Sebanyak 217 atlet pencak silat dari 25 kabupaten/kota mulai bertarung pada Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2019 di Gedung Serbaguna Pemprovsu, Minggu (23/6). Para atlet terdiri dari 120 putra dan 97 putri.

Pada hari pertama sempat terjadi kendala. Tiga laga berjalan, timbangan erorr. Hal tersebut berimbas pada timbangan para atlet yang tidak sesuai bahkan melebihi timbangan sebenarnya. Panpel membuat keputusan untuk menunda pertandingan sembari menanti timbangan yang baru bertepatan jam istirahat siang.

Ketua Panpel Kompol H Enjang Bahri SH menjelaskan, adapun peserta cabor pencak silat pada Porprovsu hasil Porwil 2017 yang terbagi 4 wilayah. Enam Peserta juga ditambahkan lldari tim Program Sumut Emas (PSE). Cabor pencak silat memperebutkan 21 emas, 21 perak, dan 42 perunggu dengan total 84 medali.

Adapun kelas pertandingan untuk nomor laga, 10 kelas untuk putra (A-J) dan 6 kelas putri (A-F). Sementara untuk nomor seni putri (tunggal, ganda, dan regu).

Sementara Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumatera Utara, Dhaliana menjelaskan, agar setiap kontingen berlaku jujur dan menjaga sportivitas. Hal tersebut wajib ditanamkan incan olahraga termasuk pencak silat karena event Porprovsu juga bertujuan untuk menjaring atlet pelatda Sumut.

“Kepada wasit juga harus bersikap jujur, tidak berat sebelah,” katanya. Dalam kesempatan ini, Dahlian juga mengucapkan ucapan duka cita atas meninggalkan pelatih tenis meja Tanjungbalai yang ikut membawa atlet di ajang Porprovsu.

Dr Tomi dari tim medis turut mengomentari pelaksanaan pertandingan pencak silat Porprovsu. Dia mengimbau agar panpel melengapi venue pertandingam dengan kipas angin di setiap sisi pertandingan. “Karena kalau panas gitu, kondisi atlet tidak maksimal saat bertanding. Itu buat atlet dehidrasi sehingga nanti ditakutkan atlet bisa salah sasaran saat berlaga,” kata dia.

Dari babak penyisihan hari pertama, peserta ada yang kalah karena di disk, undur diri. Babak penyisihan hari pertama diikuti 29 peserta putra putri. Selanjutya babak penyisihan 28 peserta dan juga yang menang hari pertama akan dilanjutkan besok.

(SB|01)

Comments