Konsul AS Silaturahmi Dengan Media


Konsul Amerika Serikat (AS) Untuk Sumatera Juha Salin dan Wakil Konsul Jessica Panchatha foto bersama wartawan di Medan Rabu (8/5) malam.
Konsul AS Silaturahmi Dengan Media

sentralberita|Medan~Konsul Amerika Serikat (AS) Untuk Sumatera Juha Salin bersama Wakil Konsul Jessica Panchatha bersilaturahmi dengan sejumlah media di Medan dilanjutkan dengan buka puasa bersama, Rabu (8/5/2019).

Juha yang juga didampingi stafnya Rachma Jaurinata, Carolina Tanjaya dan Anna kepada wartawan mengatakan dia sudah tiga kali silaturahmi buka puasa bulan Ramadhan dengan wartawan. “Itu artinya, saya sudah tiga tahun ada di Medan dan sebentar lagi akan meninggalkan Medan,” ungkap Juga.

Pertemuan buka puasa itu juga selain di Medan, juga berlangsung di beberapa kota lingkup wilayah kerjanya di Pulau Sumatera. Dua tahun lalu pernah buka puasa di pesantren Sumatera Selatan. Tahun ini berlangsung juga di Sumbar, tepatnya di Padang dan Bukit Tinggi.

Juha menyebut tahun ini merupakan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik dengan Indonesia. Saat ini banyak kegiatan memperingati hubungan tersebut yang diselenggarakan Kedubes Amerika di Jakarta diantaranya kompetisi bagir jurnalis. “Kamis ingin bagaimana menjalin hubungan baik dengan Indonesia,” kata Juha.

Kedutaan Besar AS di Jakarta dengan bangga mengumumkan peluncuran platform digital IndonesiaUSA70th: indonesiausa70th.com. Dengan tampilan visual interaktif yang memukau, platform ini memungkinkan para pengunjung untuk menjelajahi hubungan yang luas dan dalam antara Amerika Serikat dan Indonesia. Dengan mengetengahkan keanekaragaman, kemitraan, dan kemakmuran kedua negara, platform IndonesiaUSA70 membagikan serta merayakan tempat, cerita, serta impian masyarakat kedua negara, merefleksikan masa lalu dan menantikan masa depan.

Foto Istimewa 70 for 70 yang dipersiapkan oleh Meridian International Center di Washington, DC, yang juga bertindak sebagai kurator, berfungsi sebagai inti dari platform, dan menampilkan berbagai kesamaan yang dimiliki Amerika Serikat dan Indonesia: kaya akan sejarah dalam menuju kemerdekaan, keragaman etnis dan agama, serta demokrasi yang dinamis. Tampilan ini merupakan sebuah perayaan hubungan antar-masyarakat yang merupakan landasan kemitraan yang kuat.

Diperbarui sepanjang tahun, platform digital akan terus menampilkan berbagai cara Amerika Serikat dan Indonesia bekerja bersama untuk menciptakan masa depan yang lebih makmur bagi generasi mendatang di Indonesia dan Amerika.

Media Sosial

Ketika dimintai komentarnya soal berita-berita yang ada di media sosial (medsos) atau sosmed, Juga menyebut saat ini informasi di internet tersebut sudah tak terbendung lagi. Cuma kalau di Amerika Serikat, boleh nulis apa saja di medsos, tentu beda dengan di Indonesia. Untuk mendeteksi informasi tersebut hoax atau tidak, kini beberapa institusi laman seperti google membuat strategi dengan rating seberapa besar kebenaran informasi tersebut.

“Kalau dulu memang dapat info dari media yang tingkat kebenarannya terukur. Sekarang informasi dari segala arah,” kata Juha.

Saat ini di AS sendiri masih susah mengukur informasi itu hoax atau tidak. “Jadi saat ini Amerika juga mengalami hal sama seperti Indonesia mengenai informasi di medsos,” ungkapnya. (SB/wie)

Comments