WNI di Bulgaria Merasa Senang Ikuti Pesta Demokrasi Pemilu 2019

sentralberita|Jakarta~Warga Negara Indonesia (WNI) di Bulgaria telah melakukan pencoblosan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden RI, serta DPR RI periode 2019-2024. Tercatat 32 dari 44 WNI di sana menggunakan hak suaranya.

Kegiatan pemungutan suara itu dilakukan langsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di KBRI Sofia, Sabtu (13/4/2019) waktu setempat. Pemilih menggunakan hak pilihnya dengan datang langsung antara pukul 8.00 hingga pukul 18.00.

Selain diikuti 32 daftar pemilih tetap (DPT), pencoblosan di sana juga diikuti 5 WNI berstatus daftar pemilih tambahan (DPTb). Khusus DPTb, hak suara mereka gunakan satu jam sebelum TPS ditutup.

Icha, salah satu WNI yang baru datang ke Sofia pada akhir Januari 2019, sangat senang bisa menggunakan hak suaranya dengan mendapat cadangan kertas suara pada satu jam terakhir. Indah, pemudi milenial yang baru pertama kali ikut pemilu juga sangat antusias ikut serta dalam pesta demokrasi.

Zaenal sebagai Ketua PPLN Sofia sempat tidak bisa tidur namun senang akhirmya semua berjalan lancar.

Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid juga melaksanakan hak pilihnya dengan mengingatkan jalannya pemilu yang berdaulat untuk mendukung negara yang kuat.

Sementara WNI yang berada jauh dari Kota Sofia serta di 2 negara akreditasi KBRI Sofia lainnya, yaitu Makedonia Utara dan Albania, telah menggunakan hak pilihnya melalui surat suara yang dikirimkan PPLN Sofia melalui jasa pos tercatat (DHL) pada tanggal 20 Maret untuk tahap pertama, serta tahap kedua tanggal 1 April 2019.

Hingga hari ini, untuk metode pos, telah diterima kembali 20 surat suara dari 29 daftar pemilih dengan metode pos. Sisa surat suara melalui pos akan ditunggu hingga 17 April 2019 untuk dihitung bersama surat suara TPS di KBRI Sofia.

Pemilu di KBRI Sofia berlangsung lancar, damai, di tengah suasana kekeluargaan.(SB/pk)