Surat Terbuka kepada Joko Widodo Presiden RI dari Yonge L. V. Sihombing

sentralberita|Medan~Teriring salam dan hormat saya kepada Bapak Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, semoga bapak Presiden, senantiasa dalam keadaan sehat walafiat dalam melaksanakan tugas sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan Republik Indonesia.

Pertama tama, saya menyampaikan puji dan syukur kegadirat TYME, atas penyertaan-Nya, sehingga Pemilu 2019 dapat terlaksana dengan lancar, baik, tertib dan damai.

Selanjutnya, melalui surat terbuka ini, ijinkan saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada menteri Bapak, yakni Ibu Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi yang telah berhasil menghantar Indonesia ke depan Pintu Diplomasi Dunia, ditandai dengan terpilihnya Indonesia sebagai Presiden DK PBB mulai 1 Mei 2019.

Kemudian, ijin Bapak Presiden Jokowi, melalui kesempatan ini, saya hanya ingin menyampaikan Usulan Perubahan Tata Nama (Nomenklatur) Dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi Republik Indonesia Menjadi Kementerian Percepatan Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal & Transmigrasi Republik Indonesia.

Adapun alasannya adalah : bahwa dengan perubahan tata nama (nomenklatur) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi menjadi Kementerian Percepatan Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal & Transmigrasi, maka lebih memastikan cara kerja lembaga dan menteri serta jajarannya, untuk fokus dan memprioritaskan pada upaya percepatan pembangunan desa, daerah tertinggal dan daerah transmigrasi pada periode 2019 – 2024, karena mungkin ada pembanunan desa, daerah tertinggal dan daerah transmigrasi, yang masih lambat (kurang cepat) capaian pembangunannya, maka utk periode kedua bpk. Jokowi, barangkali perlu mempercepat pembangunan desa, daerah tertinggal dan daerah transmigrasi, dengan starting point pada perubahan nama (nomenklatur) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi RI, menjadi Kementerian Percepatan Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal & Transmigrasi RI.

Demikian usulan ini, saya sampaikan kepada Bpk. Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, atas perhatian dan pertimbangannya, saya mengucapkan terimakasih.(Yonge L. V. Sihombing adalah Direktur LPED Lembaga Pengembangan Ekonomi Desa, Penulis Buku “Jokowinomics Menabur dan Menuai”, Edisi 1 Tahun 2019, Penulis Buku “Percepatan Pembangunan Desa”, Edisi 1 Tahun 2017) (SB01/rel)

Comments