Jelang Ramadan,Wagub Musa Rajekshah Ziarah ke Makam Kakek


Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menziarahi makam kakeknya Alm. Said Ahmad di Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Senin (29/4/2019)

Sentralberita|MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah melakukan ziarah ke makam kakeknya di Taman Makam Pahlawan Medan Jalan Sisingamangaraja, Senin (29/4). Ziarah merupakan kegiatan rutin Wagub dengan keluarga, terutama menjelang Ramadan.

“Dalam rangka menjelang Ramadan, sebagai mana pada umumnya umat Islam, saya dan keluarga pun menziarahi orang-orang tua dan leluhur kita, hari ini saya menziarahi kakek saya Alm Haji Said Ahmad,” ucap Wagub.

Wagub berziarah ke Taman Makam Pahlawan Medan ditemani sang ibu Syarifah Rahmah, dan istrinya Sri Ayu Mihari. Dengan membawa bunga untuk keperluan nyekar Wagub memayungi sang ibu menuju makam.

Musa Rajekshah menuturkan, bahwa sang kakek lebih banyak menghabiskan waktu di Aceh. “Almarhum bapak dari ibu saya. Masa-masa kemiliterannya lebih banyak dihabiskan di Aceh, saat berperang melawan Belanda,” ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Saat melafazkan doa untuk sang kakek, sesekali Ijeck menghapus air mata ibunda yang tak terbendung, usai memanjatkan doa Ijeck pertama kali menaburkan bunga pada makam, lalu membasahi makam dengan air.

Setelah berziarah ke makam kakeknya, Ijeck dan keluarga bergeser ke makam mantan Gubernur Sumut Raja Inal Siregar yang letaknya tidak jauh dari makam kakeknya. Dia melanjutkan berziarah ke makam Kapten TNI Rachman Ishaq, ayah Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi.

Sebelum meninggalkan makam, Wagub Sumut tersebut menyempatkan diri untuk berkumpul dengan para penjaga makam dan pedagang bunga, ia pun dengan ramah melempar senyum pada para penjaga makam.

Irwanto, salah seorang penjaga di Taman Makam Pahlawan Medan menuturkan bahwa keluarga Ijeck memang sering datang. “Dari sebelum menjadi Wagub Sumut pun, keluarga Pak Ijeck terutama istri dan ibu sering berziarah ke makam kakeknya di sini. Tapi yang paling sering ke sini ya ibu (Syarifah Rahmah).

(ST|01)

Comments