Fokal IMM Sumut Tanggapi Pelaksanaan Pemilu di Sumut

sentralberita|Medan~Sebagai negara dengan salah satu jumlah penduduk terbesar di dunia, pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019 harus kita apresiasi, karena secara umum berjalan dengan baik.

Menurut Ketua Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (FOKAL) Sumut, Sahlan Marpaung, hal tersebut membuktikan bahwa rakyat Indonesia telah semakin dewasa dalam berdemokrasi walau perbedaan aspirasi politik terutama dalam calon presiden sempat membuat tensi politik agak memanas, akan tetapi rakyat sadar bahwa persatuan dan kesatuan bangsa harus ditempatkan di atas segala kepentingan politik yang ada.

Khusus untuk pelaksanaan di Sumatera Utara diakuinya berjalan dengan aman, tertib dan damai. Untuk itu, pantas ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat sumatera utara yang telah mampu mengikuti pesta demokrasi ini dengan baik.

Demikian juga kepada seluruh penyelenggara pemilu yang telah bekerja keras untuk terlaksananya pesta demokrasi terbesar sepanjang sejarah negeri kita.

“Kita harus apresiasi kerja keras seluruh penyelenggara pemilu mulai dari tingkat pusat sampai tingkat TPS yang bekerja siang dan malam dengan penuh rasa tanggung jawab,”ujar Sahlan, Kamis (18/4/2019.

Terkait kondusifitas keamanan, kita apresiasi kerja pihak kepolisian dan TNI yang telah mengantisipasi dan mendeteksi semua potensi konflik yang bisa terjadi, sehingga bisa dikendalikan dengan baik.

Terkait hasil pilpres dan pileg di semua level, kita berharap agar semua peserta pemilu tetap menunjukkan kedewasaan berdemokrasi dan berkompetisi serta patuh pada aturan perundang undangan yang berlaku.

“Mari dengan hati yang tenang dan sabar kita tunggu hasil pilpres diumumkan secara resmi oleh KPU yang secara undang undang diberi kewenangan untuk itu”ujarnya.

Kepada tim pemenangan masing- calon,Ketua FOKAL IMM Sumut ini menghararapkan, agar ikut proaktif mengawal hasil pemungutan suara mulai dari tingkat TPS sampai pada saat rekapitulasi di setiap jenjang yang ada hingga ke tingkat pusat.

Sebagai kontestan diharapkan agar para saksi dari masing-masing tim pemenangan bekerja dengan serius mengikuti setiap proses perhitungan yang dilakukan, sehingga saat ditetapkan tidak lagi terjadi penolakan atas hasil yang sudah diputuskan.

“Bawa dan siapkan bukti-bukti yang dimiliki untuk menguatkan argumentasi pada saat melakukan protes di setiap tahap penghitungan suara yang diikuti,”ujarnya.

Selanjutnya, FOKAL IMM Sumut berharap pilpres dan pileg akan menghasilkan pemimpin yang benar-benar amanah dan siap berjuang untuk menjadi pembawa aspirasi rakyat.(SB/01)

Comments